Resep Cara Membuat Donat Kentang Lembut Isi Coklat

0
643
gambar-resep-cara-membuat-donat-kentang-lembut-isi-coklat

Pada pembahasan resep makanan sehat kali ini. hal yang kita kan bahas adalah cara membuat donat kentang lembut isi coklat. Resep ini bisa dikatakan cukup mudah untuk di buat. Bahkan bagi pemula sekalipun. Karena bahan dan cara pembuatannya tidaklah begitu rumit. Ok baiklah, langsung saja kita masuk pada pembahasannaya.

gambar-resep-cara-membuat-donat-kentang-lembut-isi-coklat

Donat adalah salah satu makanan yang sudah sangat terkenal sekali bagi masyarakat indonesia. Kue yang memiliki ciri ciri berbentuk sperti cincin ini memang salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat. Mulai dari yang balita sampai orang dewasa.

Namun sekarang ini, donat sudah banyak variasi dan jenisnya. seperti dari bahannya, ada yang terbuat dari tepung biasa, dan bahkan sekarang ada yang sudah terbuat dari kentang. Nah resep donat kentang inilah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini.

Bagaimanakah cara membuat donat kentang lembut isi coklat ini ? mari kita simak pembahasannya.

Bahan dan Cara Membuat Donat Kentang lembut Isi Coklat

Sebelum kita memulai mempraktikan resep cara membuat donat kentang lembut isi coklat ini, di bawah inilah beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Bahan untuk Donat

  • 50 gram kentang (kukus dan haluskan)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 150 ml air es
  • 50 gram margarin
  • 1 sachet susu bubuk (boleh pakai dancow)
  • 1 sdt ragi instan

Bahan untuk Isi

  • Coklat masak pekat 250 gr yang sudah dipotong kecil kecil
  • Air dengan dengan banyak secukupnya

Bahan Pelengkap

  • Gula halus, ini nantinya untuk taburan bagian atas donat

Cara membuat isi donat kentang lembut

Untuk membuat isinya, lakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Rebus air secukupnya di atas panci.
  1. Letakkan potongan coklat di atas mangkok tahan panas, kemudian taruh mangkok tersebut di atas panci tersebut.
  2. Panaskan hingga coklat meleleh.
  3. Setelah meleleh, matikan dan diamkan sejenak.

Cara membuat donat kentang Lembut Isi Coklat

Untuk mepraktekan resep cara membuat donat kentang lembut isi coklat, ada beberapa cara yang harus kita lakukan, kita bisa menymak cara detailnya berikut ini.

untuk info menarik lainnya, silahkan kunjungi portal berita mojokerto utama kami.

  1. Pertama, Campurkanlah gula pasir, tepung terigu, susu bubuk, kentang , dan ragi instan kedalam suatu wadah. kemudian Aduk sampai rata.
  2. Lalu, masukkan air es dan telur sedikit demi sedikit kedalam adaonan sambil diaduk. Kemudian aduk hingga adonan terlihat kalis.
  3. Tambahkan margarin dan garam. Ulenin (aduk dengan menggunakan tangan) sampai adonan terasa elastis.
  4. Setelah adonan terasa elastis, diamkan adonan selama 15 menit, Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan pastikan tiap adonan beratnya sekitar 30 gram untuk setiap adonan.
  5. Lalu Bentuk adonan tersebut menjadi bulat bulat. Siapkan sebuah loyang atau tempat lain yang pas yang sebelumnya telah kita taburi tepung terigu.
  6. Setelah semua adonan terbentuk, diamkan adonan donat di atas loyang selama 45 menit.
  7. Siapkan penggorengan, kemudaian tuangkan minyak secukupnya hingga cukup untuk membuat donat terendam dalam minyak keseuruhan. Panaskan minyak dan masukan donat hingga berwarna kuning kecoklatan.
  8. Lubangi salah satu sisi donat dengan menggunakan sumpit. Kemudian semprotkan coklat kedalam donat secukupnya. Kemudian taruh donat ke dalam taburan gula halus. Ratakan hingga gula menempel pada donat.
  9. Donat sudah siap untuk disajikan

Bagaimana? Mudah bukan. donat di atas akan sangat nikmat jika kita sajikan dalam keadaan hangat. Kita juga bisa mengundang sanak keluarga kita untuk menikmati kue donat yang sudah jadi ini bersama sama

simak juga resep kami yang lain yaitu: resep ayam goreng kremes kraton

Demikianlah resep tentang cara membuat donat kentang lembut isi coklat yang bisa kami bagikan. Semoga info ini bisa bermafaat bagi kita semua.

 

NO COMMENTS