Kumpulan Bentuk Atap Rumah Minimalis Terbaru

0
963

pada saat ini telah banyak model desain atap rumah minimalis yang bisa kita jumpai, atap rumah menjadi bagian penting pada sebuah rumah minimalis karena dapat menjaga penghuni rumah dari panasnya terik matahari dan guyuran hujan yang sangat lebat. Selain memiliki fungsi sebagai pelindung dari panas matahari, atap rumah juga bisa mempengaruhi pada keindahan dan gaya rumah.

Dengan berkembang nya desainproperti telah banyak model atap rumah minimalis yang bisa memberikan kelebihan pada rumah dan juga ada kekurangannya. Namun bagi segolongan orang yang berada di wilayah perkotaan, jenis atap miring menjadi pilihan yang di terapkan pada rumah mereka. Namun dengan berkembang nya zaman dan properti, banyak juga seseorang yang menggunakan atap datar pada rumah minimalis mereka.

Desain Atap Teras Rumah Minimalis Sederhana

Berbicara tentang bentuk atap rumah minimalis , desain atap rumah sederhana menjadi bagian penting karena dapat memberikan nilai plus pada rumah. Bagian pertama kali yang di lihat pada rumah adalah teras rumah. Oleh karena itu, bagian tersebut harus di desain sedemikian rupa agar bisa enak di pandang orang ketika sedang lewat atau sedang berkunjung.

Agar atap rumah anda bisa kelihatan rapi dan simpel anda sebaiknya mengunakan atap rumah dari bahan cor beton. Penggunaan cor beton sebagai atap rumah bisa membuat atap teras rumah anda awet dan juga tidak membutuhkan genting. Meskipun begitu anda juga dapat menggunakan genting pada bagian teras rumah minimalis. Rumah yang menggunakan genting biisa membuat rumah akan terlihat alami dan indah.

Desain Atap Rumah Minimalis Tanpa Genting

Dan desain atap rumah minimalis yang sering di gunakan oleh banyak orang adalah atap rumah dengan bentuk sederhana seperti segi empat atau limas. Namun untuk atap rumah minimalis, bisa menggunakan plafon. Plafon pada saat ini menjadi favorit karena bisa menampilkan kesan elegan dan juga mewah pada rumah.

Fungsi atap plafon berfungsi sebagai alat peredan suara air hujan, selain itu plafon juga bisa menahan hawa panas yang ada di atap rumah. Untuk bahan plafon yang bisa di gunakan harus menyesuaikan dengan bangunan rumah. Selain dari bahan plafon masih ada juga atap rumah yang terbuat dari baja ringan, asbes dan tanah liat. Untuk atap rumah yang bahannya dari tanah liat biasanya di pakai pada rumah yang tidak memerlukan keindahan dan kesan elegan.

Sama seperti atap rumah yang lainnya, atap rumah dari tanah liat juga mampu menahan hawa panas yang berada di dalam rumah. Ada perbedaan dari atap rumah yang terbuat dari bahan tanah liat dengan yang menggunakan bahan baja ringan atau seng. Untuk atap rumah yang terbuat dari bahan baja ringan bisa menahan panas namun memiliki kekurangan dalam hal keindahan. Rumah yang menggunakan atap rumah dari baja ringan akan terlihat ndeso dan tidak terkesan elegan.

Desain Atap Rumah Minimalis Modern 2014

Perlu anda ketahui bahwa bentuk atap rumah minimalis sekarang ini telah berkembang, hal itu di karenakan rumah minimalis yang berkembangnya sangat pesat. Dan yang lagi ngetrend di kalangan masyarakat adalah model atap perisai, desain atap pelana, model atap sandar sampai model atap datar. Model atap rumah pelana bisa di katakan sederhana karena desain ini sering di gunakan pada berbagai macam rumah minimalis. Bentuk atap pelana terdiri dari 2 sisi yang selanjutnya bertemu pada garis pertemuan atau sering di sebut bubungan.

Dan untuk desain atap rumah model perisai memiliki tingkat kemiringan sampai 35 derajat hal ini sangat efektif karena atap tersebut bisa menyerap radiasi dan juga menangkal panas matahari serta bisa mengalirkan air hujan ke bawah. Bentuk atap perisai merupakan riset pengembangan dari desain atap rumah model pelana. Atap rumah pelana bidangnya miring dan bentuknya 2 bidang trapesium dan 2 bidang segitiga. Pada bagian perisainya memiliki sudut 30 sampai 40 derajat, keunggulan dari model ini bisa menahan terik panas matahari serta terhindar dari derasnya hujan yang bisa mengurasi kekuatan bangunan.

Dan sekanjutnya desain atap datar yang terlihat sangat sederhana. Atap rumah minimalis dengan model datar memiliki kekurangan dalam hal air yang tidak bisa turun ke bawah. Dan hal ini bisa membuat rumah anda akan bocor. Model atap dasar ini sebaiknya di gunakan pada teras atau emperan rumah. Sebelum membangun rumah, sebaiknya anda juga memikirkan desain atap rumah. Hal ini perlu di perhatikan karena menyangkut bisa menangkal dari panas matahari dan juga menjaga pemilik rumah dari guyuran hujan yang lebat.

NO COMMENTS