Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

0
731
resep-cara-membuat-bakso-sapi-kenyal
resep cara membuat bakso sapi kenyal

Resep masakan Indonesia kali ini yang akan kita Bahas adalah tentang resep cara membuat bakso sapi kenyal. Mungkin makanan ini sudah sangat familiar sekali di teling kita. Mengingat makanan in isudah tersebar luas sekali di Indonesia. Hamper di setiap daerah, bakso bisa dijumpai dengan mudah. Namun bukankah akan lebih baik jika kita mencoba membuat bakso tersebut sediri di rumah kita? Bagi bunda yang hendak mencoba membuatnya, bunda bisa menyimak pembahasan tentang bakso dan cara membuatnya dibawah ini.

resep-cara-membuat-bakso-sapi-kenyal
resep cara membuat bakso sapi kenyal

Bakso adalah  salah satu kuliner indonsia yang dari dulu hingga sekarnag sudah banyak di gemari oleh hamper semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Salah satu kelebihan dari makanan ini adalah sifatnya yang tidak kenal musim. Seperti yang kita bisa lihat, bahwa keberadaan bakso sendiri tidaklah pernah ada habisnya.

Bahkan, kini telah hadir  berbagai jensi bakso yang pastinya tebuat dari berbagai jenis bahan dan kreasi pula. seperti bakso telor, bakso cincang, bakso rudal, Bakso urat , dan juga berbagi bakso lainnya. Namun kali ini bakso yang hedak kita Bahas adalah tentang cara membuat bakso sapi kenyal. Nah bunda yang ingin mencobanya, bunda bisa menyimak pembuatannya pada resep di bawah ini.

Pembahasan Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Seperti halnya namanya, yaitu bakso sapi, makan bahan bahan yang paling perlu kita butuhkan sebagai bahan dasar dari resep cara membuat bakso sapi kenyal ini adalah dengan daging sapi. Di usahakan daging sapi yang kita gunakan adalah daging sapi yang sesegar mungkin. Karena daing sapi yang masih kenyal bisa memberikan aroma, cita rasa yang enak bagi baksonya nanti, dan juga bisa memberika kekenyaln yang sempurna bagi si baksonya.

Adapun untuk bagian daging sapi yang paling pas untuk dijadikan bahan dasar membuat bakso sapi ini adalah pada bagian, paha depan dan daging iga. Karena pada bagian ini, hanya terdapat sedikit uratnya dan  dan sedikit kandungan lemaknya. Ok baiklah tidak usah panjang lebar, langsung saja kita simak pembahasannya, bunda bisa menyimak cara pembuatannya di bawah ini.

simak juga resep kami yang lain: resep ayam goreng kalasan

Bahan Bakso Sapi Kenyal :

Demikian bahan bahan yang dibuthkan untuk membuat bakso sapinya

  • 500 gr daging sapi pada bagian sengkel segar tanpa dicuci dan sudah diiris tipis
  • 50 gr putih telur (yang sudah dipisahakan dari kuningnya)
  • 225 gr es serut
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa sperti masako tau micin
  • 1 sdm garam kasar
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • 100 gr tepung sagu aren
  • 1/2 sdm bawang merah yang sudah di goreng
  • 1/2 sdt poly powder
  • 1/2 sdm bawang putih yang sudah goreng

Bahan Pelengkap Bakso Sapi

Untuk menyajikan bakso sapinya, perlu juga kita persiapkan bahan bahan pelengkap untuk melengkpinya. Ini dia bahan bahan pelengkapnya.

  • 600 gr mi telur
  • 600 gr bihun
  • 5 sdm bawang merah goreng
  • 5 batang daun bawang kecil
  • 1 resep sambal bakso
  • 5 tangkai selederi diiris
  • 3 liter kuah bakso

Langkah Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Jika bahan yang diperlukan sudah di persiapkan, sekarang saatnya kita membahas resep cara membuat bakso sapi kenyalnya. Demikianlah langkah langkah yang harus kita lakukan.

  1. Pertama tama, Masukkan 500 gr daging sapi dan 1 sdm garam yang kasar ke dalam food prosesor/ penggiling makanan, giling dagingnya beberapa menit sampai agak lembut.
  2. Setelah daging sudah tergiling agak lembut, masukkan 50 gr putih telur, 1 sdt penyedap rasa, 1/2 sdt poly powder 225 gr es serut,  1 siung bawang putih sudah dihaluskan, 1/2 sdm bawang putih goreng, 1/2 sdt merica bubuk,  dan 1/2 sdm bawang merah goreng, lalu giling lagi semua bahan bahan di atas bersama daging sapinya sampai benar-benar lembut.
  3. Tambahkan 100 gr tepung sagu aren kedalam adonan baksonya,  lalu giling semuanya secara merata sampai lembut dan sudah terlihat kalis.
  4. ambil adonan baksonya sedikit demi sedikit berbentuk bulat, adapun banyaknya tergantung dari besar kecilnya baksu yang hendak kita ingin buat. Lalu rebus baksonya selama beberapa menit.
  5. Rebus bakso beberapa menit sampai adonan baksonya mngapung dan sampai matang lalu kemudian tiriskan.
  6. Bakso siap untuk disajikan,

Adapaun untuk penyajian bakso sapinya, kita supaya menyajikannya dengan kuah dan pelengkap bakso lainnya yang sudah di bahas di atas tadi. seperti mie kuning, bihun, selederi, bawang merah goreng daun bawang, dan juga  bisa kita sediakan sambal

simak juga berita mojokerto menarik lainnya, yang bisa anda baca.

Demikianlah resep cara membuat bakso sapi kenyal yang bisa saya sampaikan. Semoga resep ini bisa menambah daftar menu masakan kita untuk keluarga. Terima kasih.

NO COMMENTS