Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam Palembang

0
717
gambar-resep-cara-membuat-empek-empek-kapal-selam-palembang

Kali ini resep masakan indonesia yang kita akan bahas adalah tentang cara membuat empek empek kapal selam Palembang, mungkin makanan ini sudah tidaklah asing lagi di telinga kita. Mengingat resep makanan ini sudah teresebar dan digemari dikalangan mansyarakat.

Makanan ini adalah jenis makanan yang berbahan dasar ikan sebagai bahan utamanya, adapun jenis ikan yang biasa kita gunakan masih bisa disesuaikan dengan selera kita. selain ikan tenggiri dan belida, kita juga bisa mengguanakan Ikan Kakap Merah, tenggiri, Ikan Gabus, Parang-parang, Ikan Sarden, Bilis besar, dan juga ikan yang lainnya.

gambar-resep-cara-membuat-empek-empek-kapal-selam-palembang

Proses pembuatan dari resep empek empek kapal selam ini sendiri sebenarnya sederhana sekali, namun, walaupun resep ini sangat sederhana, namun empek empek ini sudah terkenal kelezatannya dimana-mana. Nah sekarang, bunda tidak perlu lagi membeli empek empek kapal selam ini di luar rumah, karena bunda sudah bisa membuat makanan khas Palembang ini di rumah kapan saja bunda mau. Lalu bagaimanakah cara membuat empek empek Palembang kapal selam Palembang ini? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

simak juga resep kami yang lain. yaitu: cara membuat ayam goreng teriyaki

Pembahasan Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam Palembang

Cara membuat empek empek kapal selam palembang ini bisa kita mulai dengan menyiapkan bahan bahan yang kita butuhkan terlebih dahulu, bahan yang kit butuhkan di sini sebenarnya sangatlah mudah sekali, kita hanya butuh emnyiapkan sedikit bahan yang tidak terlalu ribet dan mudah didapatkan di pasar. Bagaimanakah cara membuat nya? Bahan bahannya bisa kita simak di bawah ini.
Bahan Pempek Kapal Selam :

  • 500 gram fillet ikan tenggiri/ belida
  • 500 gram tepung sagu tani
  • 2 bh telur
  • 1½ sdt garam
  • 250 cc air dingin/ air es
  • 1 sdt vetsin
  • telur secukupnya untuk isi

Langkah Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam Enak Palembang

Setelah kita mempersiapkan bahan bahannya, kita bisa langsung memulai resep cara membuat empek empek kapal selam Palembang nya. Untuk membuatnya dengan baik, kita bisa simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Campurkan telur, ikan tenggiri, vetsin dan garam dalam satu wadah, lalu tuangkan air dingin ke dalam campuran tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata dan lembut.
  2. campurkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk atau diuleni hingga merata menjadi adonan yang empuk untuk dibentuk. Apabila adonannya belum bisa dibentuk, maka kita bisa menambahkan lagi tebung sagunya ke dalam adonan.
  3. Bentuk adonan menajdi seperti mangkok, letakkan telur kedalamnya, lalu rekatkan adonannya. Lakukan hal hal ini terus menerus kapada adonan sampai adonan tadi habis.
  4. Didihkan air di dalam panci, rebus adonan empek empek kapal selam yang telah dibentuk tadi ke dalam air yang sudah mendidih sampai adonan mengapung yang menandakan bahwa adonan empek empeknya matang.
  5. Angkat empek empek kapal saelam yang telah matang lalu tiriskan dan dibiarkan sampai dingin.
  6. Goreng pempek yang sudah direbus tadi dengan minyak panas sedang sehingga kering dan berwarna kecoklatan. Lalu tiriskan
  7. Empek nya sudah siap di hidangkan. Namun sebaiknya empek empeknya di sajikan bersama dengan kuahnya.

Untuk menyimak cara membuat kuahnya, bunda bisa menymaknya di cara membuat empek empek Palembang

simak juga berita terkini mojokerto yang bisa anda simak di portal utama berita kami.

Bagaimana bunda? Mudah bukan cara membuat empek empek kapal selam ini? Baiklah munkin sampai disini dulu pembahasan kita, semoga resep ini bisa menambah referensi memasak kita.

 

NO COMMENTS