Warga Kecewa Dana Bedah Rumah tak Kunjung Cair

Sejumlah warga Kota Mojokerto kecewa dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan istilah bedah rumah karena dananya tak kunjung cair setelah warga sudah terlanjur membongkar rumah mereka. Padahal mereka dijanjikan pencairan sejak 7 November 2013 lalu.

Warga pun ramai-ramai membongkar rumah sendiri mereka. Begitu mendapat khabar kepastian akan pencairan dana bedah rumah tersebut, warga menyambut antusias. Warga yang berhak menerima bantuan bedah rumah tersebut berinisiatif membongkar sendiri rumahnya.

“Lha daripada bocor, saya bongkar sekalian karena katanya bantuan bedah rumah segera dicairkan. Tapi sampai sekarang belum cair. Dulu saya diundang mendapat sosialisasi,” kata Gondo, warga di Lingkungan Suratan gang IV, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Minggu (24/11/2013).

Atap rumah milik pengayuh becak ini pun gerowong. Gondo sangat berharap dengan pencairan dana bantuan bedah rumah tersebut. Tidak hanya Gondo, sebanyak 247 warga kurang mampu lainnya di Kota Mojokerto juga berhak atas dana bantuan perbaikan rumah. Sebagian besar dari mereka saat ini terlanjur membongkar rumah mereka.

Program bantuan perbaikan rumah tersebut merupakan program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) yang disalurkan melaui Pemkot Mojokerto.

“Beberapa hari kehujanan. Atap sudah tak ada karena sudah kami bongkar. Kami hanya berharap dengan bantuan tersebut,” tambah Gondo.

Akhirnya, dengan terpal dan layar seadanya, tukang becak yang biasa mangkal di rumah sakit dan pasar ini menutupi atas rumah. Keluarga Gondo juga tetap menginginkan barang-barang berharga dalam rumah berukuran 3 x 7 meter terlindung dari hujan. Bersama warga penerima bantuan rehab rumah yang lain, saat ini mereka malah belum mendapat kepastian. Warga bingung.

Mereka makin resah ternyata, pihak Kelurahan di Kota Mokokerto saat ini masih mengupayakan pencairan dengan mencari rekanan toko bangunan. Dengan begitu, warga bisa langsung mendapatkan material dari toko yang ditunjuk. Namun saat dikonfirmasi Lurah Kranggan, Machfur, mengelak.

“Itu bukan kelurahan yang urus. Tapi Dinas Pekerjaan Umum (PU). Juga tak melalui rekening kelurahan. Warga itu datang sosialisasi tapi banyak yang tidak paham,” katanya.

Dijelaskan, dana bantuan dari pusat melalui pemerintah daerah tersebut sebenarnya sudah ada di bank. Kepala Dina PU Kota Mojokerto Subambihanto mengatakan bahwa Senin (25/11/2013) besok, proyek perbaikan rumah di Kota Mojokerto akan dikerjakan.

“Warga sebaiknya bersabar, Insya Allah Senin nanti dikerjakan. Itu bantuan Menpera. Kita hanya kelewatan saja,” katanya.

BSPS untuk 247 rumah di Kota Mojokerto meliputi 12 Kelurahan. Sebanyak 6 kelurahan dari wilayah Kecamatan Prajuritkulon dan separonya dari Kecamatan Magersari. Hampir semua kelurahan dapat dengan dua ratus sasaran ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Gabung Bersama Kami di Facebook

Logo Berita MojokertoHalo, selamat datang di situs BeritaMojokerto.com. Untuk mendapatkan berita terbaru seputar Mojokerto, Anda bisa bergabung bersama komunitas kami di facebook.

TidakGabung