wordpress

0
112

Mojokerto – Gunungan tumpeng yang berisi hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan menjadi rebutan warga, usai diberi doa. Tak ayal, warga yang sebelumnya sudah menunggu langsung mengambil tempat untuk mendapatkan sedikit dari gunungan tumpeng dalam Ruwat Bumi Pertiwi di pelataran Candi Wringin Lawang.

Tak hanya kaum bapak, ibu-ibu dan anak-anak turut serta dalam aksi tersebut. Tak jarang, mereka harus berebut dengan yang lain untuk mendapatkan sedikit dari gunungan tumpeng yang diyakini membawa berkah tersebut. Bahkan, seorang ibu tampak memanjat gunungan dan berebut dengan bapak-bapak yang lainnya.

Dalam gunungan tumpeng sendiri, terdiri dari berbagai macam hasil bumi seperti sayur mayur dan buah-buahan. Tak hanya itu, gunungan tumpeng yang menjulang setinggi kurang lebih tiga meter tersebut juga berisi polo pendem (hasil bumi yang dihasilkan dari dalam tanah, red), polo gemandul (hasil bumi yang dihasilkan ranting sehingga terlihat menggantung, red) dan hasil bumi lainya.

Salah satu warga, Indah (27) warga Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto sengaja ikut berebut gunungan tumpeng dengan harapan mendapatkan berkah. “Nanti akan saya bagi-bagikan ke keluarga saya dirumah agar semua mendapatkan keselamatan,” ungkapnya, Minggu (18/12/2011) tadi siang.

Gunungan tumpeng yang diperebutkan warga tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Ruwat Bumi Pertiwi yang digelar masyarakat Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Acara yang mengambil lokasi di pelataran Candi Wringin Lawang tersebut diselenggarakan dengan simpatisan Majapahit.

Ruwatan sendiri akan dilanjutkan dengan Ruwatan Panjangmas Campursari Gagrag Anyar Kota Mojokerto pada malam harinya. Tak hanya itu, acara dilanjutkan dengan pementasan pargelaran wayang kulit dengan dalang Ki Rarawondo/Mintoyo dari Tulung Agung. Dalam pementasannya tersebut akan mengambil lakon Sesaji Rajasuya, yang juga digelar di pelataran Candi Wringin Lawang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here