bila orang meninggal berwasiat via facebook

0
163

Surat wasiat yang biasanya ditulis manual dan diletakkan di bawah bantal, sepertinya akan ditinggalkan. Pasalnya, saat ini ada sebuah aplikasi dalam Facebook yang memungkinkan mereka untuk menulis status terakhirnya pada teman terdekat. 
Laman Mashable, Sabtu (7/1) menyebutkan aplikasi “If I Die” ini dibuat perusahaan Wilook, perusahaan Israel. Ia membuatnya karena tidak ada yang tahu kapan kematian akan datang.

“Kita semua memiliki hal-hal untuk dikatakan dan tidak harus dengan audiensi yang dengan kesabarannya mendengarkan kita, “kata Eran Alfonta, penemu aplikasi itu dan CEO.

Ide awal aplikasi itu dari pengalaman temannya yang lolos dari kecelakaan mobil maut di Italia. Mereka kemudian meminta dibuatkan sebuah website yang merekam permintaan mereka setelah meninggal.

Bila berminat untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah yang perlu ditempuh. Pertama, pengguna bisa menginstall aplikasi “If I Die” di akun Facebooknya. Kemudian, pilihlah tiga teman terpercaya dari kalangan teman sejawat, saudara atau keluarga yang telah masuk dalam daftar teman di Facebook. Setelah itu dilaksanakan, pengguna sudah dapat merekam kegiatan dalam bentuk video atau foto, atau sejumlah pesan posting yang dapat dipublikasikan setelah dirinya meninggal dunia.

Facebook menyediakan cara untuk memverifikasi kematian Anda dengan “wali” tetapi mekanisme pengiriman juga dijamin. Memang pesan tersebut bisa saja tidak dibaca dalam waktu yang lama, tetapi “If I Die” memastikan pesan itu mencapai tujuan.

Nantinya, surat wasiat tersebut akan dipublikasikan pada teman-teman terpercaya yang dipilihnya setelah pemilik akun tersebut dipastikan wafat. Alfonta mengatakan aplikasi ini diperkirakan bakal memiliki pengguna hingga 100.000 dalam beberapa bulan.

“Pada dasarnya semua orang memiliki pesan yang ingin ia sampaikan sebelum meninggal. Dan mereka ingin orang terdekat untuk membaca dan mendengarnya. Atas dasar itulah kami membuat aplikasi ini,” ujar Eran Alfonta, CEO Wilook pengembang aplikasi ‘If I Die’ pada Mashable.

Meski waktu mati tak ada yang tahu pasti, namun nyatanya kematian itu akan datang menjemput dengan tanda sebelumnya. Dan bila sudah demikian, tak ada salahnya untuk menulis wasiat yang nanti bisa diberikan pada ahli waris yang ditinggalkan. (MEL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here