warga tuban sulap elpiji jadi pengganti bensin

0
117

Tuban – Safari (45), seorang penjual tabung Gas Elpiji ukuran 3 kilogram, warga Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, berhasil membuat trobosan baru untuk menghemat pengunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraannya.
Pasalnya, ia berhasil mengubah sepedah motornya yang semula berbahan bakar Bensin, menjadi bahan bakar yang berasal dari Gas Elpiji.

Dari infromasi yang dihimpun beritajatim.com, sejak setahun terakhir ini Safari sudah berhasil memodifikasi sepeda motor Yamaha RX Special keluaran tahun 1984 miliknya itu menggunakan bahan bakar Gas Elpiji  3 kilogram.

Dengan menggunakan bahan bakar gas elpiji, diakui Safari sepeda motornya yang telah dipermak sedemikan rupa itu, digunakan untuk mengantar pesanan elpiji hingga keliling Kecamatan Kerek yang hasilnya lebih irit dari pada menggunakan bensin.

“Dulu waktu menggunakan bensin itu satu hari bisa habis 3 liter bensin. Kalau pakai gas untuk satu tabung ukuran 3 kilo biasanya bisa saya pakai sampai 5 hari,” terang Safari, saat didatangi di rumahnya yang berada di desa tersebut.

Menurut Safari, sebelum dirinya mengubah motor tuanya itu dengan bahan bakar gas elpiji, bapak dua anak itu sebelumnya telah berhasil mengubah lampu Petromak, dari minyak tanah ke gas elpiji.

“Untuk mengubah itu sangat sederhana, sistem yang saya pakai adalah dengan menghubungkan elpiji ke karburator sepeda motor. Kemudian, saya pasangi alat buka tutup tekanan gas di antara tabung elpiji dan karburator sepeda motor saya ini,” ungkap Safari, sambil menunjukkan sepeda motornya itu.

Sementara itu, ia mengaku selama menggunakan motor modifikasi yang telah diubah untuk bahan bakarnya tersebut tidak pernah mengalami kendala sama sekali, bahkan ia justru bisa merasakan manfaatnya karena sangat irit untuk pengunaan bahan bakar. [mut/kun]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here