tpa randegan overload

0
162

Mojokerto РTempat Pembuangan Akhir (TPA) Randengan di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto kondisinya overload. TPA seluas 3,5 hektar yang terbagi delapan zona tersebut digunakan untuk menampung kiriman sampah dari seluruh Kota Mojokerto.
Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Mojokerto, Judi Setyanto menepis jika TPA Randengan mengalami overload. “Memang volume sampah TPA Randegan cukup padat, 350 meter kubik yang ditampung. Namun tidak overload, buktinya masih dipakai,” ungkapnya, Senin (30/01/2012) tadi pagi.

Masih difungsikan TPA Randegan, kata Judi, karena belum keseluruhan zona volumenya terisi sesuai dengan ztandart. Masih kata Judi, tumpukan sampah ideanya setinggi enam meter dan beberapa zona di TPA Randegan masih belum sampai enam meter. “Beberapa zona masih kurang dari ketinggian itu, makanya masih ada daya tampung di TPA Randegan. Dua tahun kedepan, TPA Randegan masih bisa difungsikan, sepanjang jadwal mobilitas sampah benar-benar baik,” katanya.

Pihaknya juga menepis jika pihak Balitbag setempat menyatakan batas penampungan TPA Randegan berakhir di ujung tahun 2012 ini. Karena jika difungsikan dengan baik maka bisa sampai dua tahun kedepan TPA Randegan masih bisa difungsikan. “Kalau ambural, ya mungkin umurnya tidak sampai dua tahun. Kita ada TPA pengganti di Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon namun luas lahan yang sangat terbatas menjadi kendala. Idealnya, sesuai standart teknis TPA seluas 5 hektar namun hanya 2,5 hektar. Kita masih melakukan kajian dengan tim ahli dan teknis dari perguruan tinggi,” jelasnya.[tin/ted]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here