hujan deras tanggul mlirip kembali jebol

0
122

Mojokerto РAkibat hujan deras yang menguyur kawasan Mojokerto, Rabu (01/02/2012) kemarin menyebabkan tanggul Sungai Brantas yang jebol pada Selasa (31/01/2012) lalu kembali jebol. Kini jebolnya tanggul di Dusun Gedang, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto makin melebar.
Jika hari pertama, tanggul yang berada tepat didepan pabrik PT Cahaya Hidup produksi besi tersebut hanya 50 meter dan lebar 2 meter dari bibir jalan. Namun akibat hujan deras kemarin sore, tanggul yang jebol menjadi 52 meter dengan jarak ke bibir jalan hanya menyisahkan satu meter.

Petugas di lokasi, Danang mengatakan, hujan di sekitar lokasi tanggul jebol turun mulai pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB. “Sejak sore hingga tadi malam, hujan turun sehingga tanah di sekitar tanggul tak kuat menahan derasnya air hujan,” ungkapnya, Kamis (02/02/2012) tadi pagi.

Sementara itu, meski di lokasi sudah ada tiga alat berat namun proses perbaikan belum dilakukan petugas. Pasalnya untuk memasang penyangga tanggul dari baja masih menunggu teknisi sehingga saat ini petugas hanya mengerjakan yang bisa dikerjakan.

Misalnya, tampak puluhan orang sedang bekerja memasukan tanah uruk ke dalam kantong plastik isi 50 kilogram. Yang nantinya digunakan untuk ditimbun di jebolnya tanggul sisi jalan. Sementara di lokasi, selain memasang larangan tidak boleh mendekat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto membuka posko di lokasi tanggul jebol.

Selain itu, jalur propinsi yang menghubungkan Surabaya-Jombang di Jalan Raya Mlirip ditutup total baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Petugas kepolisian tampak berjaga di dua lokasi yang mengarah ke tanggul jebol yakni di pertigaan Mlirip dan Jembatan Gajah Mada di sebelah utara.[tin/ted]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here