debit sungai di kabupaten mojokerto meningkat

0
354

Mojokerto – Hujan yang cukup lama menguyur Mojokerto menyebabkan beberapa sungai di Kabupaten Mojokerto mengalami peningkatan debit air, Jum’at (03/02/2012) malam. Namun, kondisinya masih terpantau aman.
Kasi Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono mengatakan, sungai di wilayah Kecamatan Pacet, yang sebelumnya mengalami peningkatan debit air saat ini kondisinya sudah turun.

”Saat ini, tim dari Relawan RAPI, Tagana dan BPBD Kabupaten Mojokerto justru memantau sungai yang ada di kawasan bawah seperti Kali Brangkal, Kecamatan Sooko, Kali Sadar, Kecamatan Mojoanyar dan Kali Ngrame di Kecamatan Pungging,” ungkapnya, tadi malam.

Peningkatan debit air terlihat di Kali Brangkal, meski mengalami peningkatan namun kondisinya terpantau aman. Dengan catatan, masih kata Didik, asal tidak ada tanggul yang ambrol. Masyarakat disekitar lokasi dihimbau waspada dan hati-hati.

”Kita minta warga untuk tetap waspada dan hati-hati, kita juga minta warga untuk meningkatkan koordinasi yang ada di sekitar wilayah sungai. Kali sadar juga mengalami peningkatan debit airnya, di sekitar lokasi kita juga warga tetap waspada dan terus pantau,” katanya.

Didik menambahkan, kondisi Kali Sadar bisa dipastikan aman jika aliran air dari wilayah Pacet sampai ke Kali Sadar pada pukul 21.00 WIB tidak mengalami peningkatan. Namun pukul 21.00 WIB ada peningkatan debit air di sungai kawasan Pacet, tidak menutup kemungkinan debit air akan mengalami kenaikan.

”Dan bisa dipastikan, akan terjadi banjir di kawasan Mojoanyar. Untuk itu masyarakat yang tinggal di kawasan sepanjang aliran Kali Sadar untuk tetap waspada dan melakuka pemantau jika debit air terjadi peningkatan,” lanjutnya. [tin/kun]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here