kali sadar dangkal pemkot mojokerto siapkan langkah antisipasi

0
218

Mojokerto  – Pemkot Mojokerto mengirim proposal pengurukan Kali Sadar ke Pemprov Jatim. Walau pengurukan kali di Kecamatan Magersari itu bukan wewenang Pemkot tapi cukup membikin kekhawatiran warga Kota Mojokerto.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mojokerto, Ahmad Uton mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan pengerukan sedimentasi di Kali Sadar. ”Karena ini merupakan kewenangan dari Pemprov Jawa Timur,” ungkapnya, Senin (13/02/2012) tadi pagi.

Namun, bukan berarti pihaknya lepas tangan dengan kekhawatir warga terhadap luapan Kali Sadar karena pengaruh dari sedimentasi Kali Sadar. Pihaknya mengaku sudah melakukan pengajuan ke Pemprov untuk melakukan pengerukan Kali Sadar.

”Pemprov aan segera melakukan pengerukan terhadap Kali Sadar, sedangkan terkait pemeliharaan tanggul yang sudah kropos akibat dihantam arus sungai, kita sudah mengagendakan untuk melakukan perawatan tanggul tahun ini,” katanya.

Masih kata Uton, untuk mengatasi genangan air yang ada di sekitar Lingkungan Miji di Kecamatan Prajuritkulon dan Lingkungan Meri di Kecamatan Magersari, pihaknya akan memasang pompa air dengan kapasitas besar. Rencananya, pengadaan pompa airtersebut akan direalisasikan tahun ini.

”Ini dilakukan untuk mengatisipasi adanya genangan air, yang akan dilakukan Pemkot Mojokerto secara bertahap. Karena tahun 2011 lalu, di lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari juga sudah dipasang pompa besar,” tambahnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here