Indonesia Pembajak Software 7 Besar Dunia

0
181

Jakarta – Indonesia disebut sebagai negara pembajak piranti lunak urutan tujuh besar dunia, ungkap pihak Business Software Alliance (BSA).

Di acara ‘Sosialisasi dan Edukasi Tentang Penghargaan dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Software Komputer’ Justiasri P. Kusumah, Sekjen Masyarakat Indonesia Anti Pembajakan (MIAP) mengatakan bahwa Indonesa kini di urutan tujuh besar dunia untuk kategori pembajakan piranti lunak.

“Ini berdasarkan hasil riset BSA pada tahun 2010, yang mensurvei 400-500 responden di 32 negara,” ungkap Justiasari di Jakarta (16/2/2012).

“Lalu berdasarkan data International Data Corporation (IDC) pada bulan Mei 2011 juga menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-1 untuk jumlah pemakaan software ilegal yang sebesar 87%,” tambahnya.

MIAP juga telah melakukan penelitian serupa, karena pada tahun 2010 MIAP bersama Lembaga Penyelidkan Ekonom dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Indonesia (LPEM FEUI) juga menyatakan bahwa produk bajakan yang paling banyakan digunakan di Indonesia pada tahun 2010 adalah sebanyak 34,1%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here