Tanggul Sungai Brantas Kembali Jebol

0
169

Mojokerto  – Belum selesainya perbaikan tanggul Sungai Brantas di Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, kini tanggul Sungai Brantas kembali jebol, Selasa (21/02/2012). Kali ini, lokasi jebolnya tanggul berada di 50 meter dari pintu air Rolak Songo.
Tanggul jebol selebar 15 meter dan ketinggian empat meter serta berjarak hanya satu meter dari Jalan Raya jurusan Mojokerto-Tarik, Kabupaten Sidoarjo. ”Gara-gara hujan deras, Senin malam dan jebol lagi tadi. Memang arus Sungai Brantas sedang deras-derasnya,” ungkap pedagang ikan segar di sekitar lokasi, Mujib.

Kepala Sub DJA IV-I Perum Jasa tirta, Sues Mo Yudho mengatakan, tanggul jebol karena debit Sungai Brantas meningkat. ”Awalnya kecil namun bertambah lebar karena debit air naik. Kita belum tahu kapan bisa melakukan perbaikan karena belum ada keputusan langkah darurat yang diambil, kita akan lakukan koordinasi dengan pihak terkait,” katanya.

Pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Jasa Tirta di Surabaya dan pusat pasalnya, lanjut Sues, kondisi tersebut bisa membahayakan. Karena letak tanggul yang jebol berada di bawah dam Rolak Songo yang berarus deras. ”Sehingga tanggul yang jebol mudah tergerus oleh air berkecepatan tinggi, ditambah lagi, debit air Sungai Brantas sedang dalam posisi tinggi. Sementara pengerjaan tanggul yang jebol sebelumnya belum selesai karena mereset dari yang dijadwalkan, dua minggu,” katanya.

Hingga minggu ketiga pasca jebol, masih kata Sues, pengerjaan masih mencapai sekitar 75 persen. Pasalnya, pengerukan yang dilakukan petugas di lokasi jebolnya tanggul belum tuntas, pasalnya pengerjaannya masih taraf pemasangan besi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here