Pahat Patung Batu Trowulan

0
107

Sebagai salah satu daerah yang memiliki keterkaitan historis dengan Kerajaan Mojopahit, kawasan Trowulan memang memiliki potensi tersendiri. Selain potensi pariwisata, juga memiliki sebuah potensi dibidang kerajinan tangan, diantaranya adalah kerajinan memahat patung dari batu. Para pengrajin tersebut mengaku, kerajinan pembuatan patung tersebut merupakan warisan turun temurun dari kerabatnya.

Ahkmad sumadianto yang bertempat tinggal di Dsn.Wringin Lawang Ds.Jatipasar Trowulan ini yang sejak tahun 2000 sudah mulai menggeluti seni pahat patung.Dengan memegang pahat ada palu,Anto tampak teliti memahat wajah Patung Siwa. Pembuatan patung memang diperlukan ketelitian. Sebab, satu kali kesalahan, akibatnya bisa fatal.Anto  menjelaskan, patung-patung itu berbahan Batu Hijau yang dibelinya dari Kabupaten Pacitan, Jawatimur. Jika ada pemesanan patung, Anto pun akan memesan batu ke Pacitan.“Jika sudah jadi patung, harga yang kita jualvariatif,tergantung besar kecilnya patung dan bentuk motif patung. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, maka harganya semakin mahal,” kata pria bermoto Kreasi Klasik Pahat Batu ini.

Kerajinan patung batu buatan perajin dan pematung Trowulan, Mojokerto, tak hanya menembus pasar dalam negeri. Namun pula mampu menembus pasar luar negeri.Dikatakan, perajin patung batu harus kreatif dalam mencari peluang dan pasar luar negeri., karena selama ini hasil perajin patung batu asal Trowulan lebih banyak melalui bakul dan broker yang ada di Bali, sebelum barang hasil kerajinan patung batu dilepas ke pasar luar negeri.

Adapun juga mereka siasati dengan cara memenuhi pesanan langsung dari broker maupun buyer di luar negeri, karena mereka lebih menghargai kerja profesional. broker maupun buyer asal negara Eropa dan Amerika Serikat sangat menghargai kerja profesional , sehingga pihaknya tidak mau gegabah tatkala menerima pesanan dalam jumlah banyak melebihi kemampuan dan kapasitasnya.

Kepercayaan broker maupun buyer luar negeri terhadap kerja profesional perajin, bakan luntur dan berbalik tidak percaya lagi tatkala merasa dikecewakan dan dirugikan.Kalau imej kurang bagus, apalagi sudah cacat bisa hilang dimata buyerSebagian terbesar hasil kerajinan patung batu,Mereka berharap kepada pemerintah agar peduli terhadap kelangsungan hidup kerajinan patung batu Trowulan, karena selama ini usaha ekonomi kerakyatan yang menjadi gantungan hidup rakyat kecil dibiarkan begitu saja untuk mempertahankan kelangsungan sumber usahanya dan hidupnya.(4176GA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here