Jam Pelajaran Tambahan Jadi Kebijakan Sekolah di Mojokerto

1
117

Mojokerto  – Jelang Ujian Nasional (Unas), sejumlah sekolah mengembleng siswanya akan lulus 100 persen. Namun cara pengemblengan tersebut merupakan kebijakan masing-masing sekolah penyelenggara.Kabag Humas Pemkot Mojokerto, Ruby Hartoyo mengatakan, kelulusan tingkat SD tahun 2010/2011 peringkat pertama se-Jawa Timur dan peringkat ke-3 se-Indonesia. “Untuk SMP tingkat kelulusannya 100 persen dan SMA sebesar 99 persen,” ungkapnya, Selasa (20/03/2012) tadi sore.

Persiapan pelaksanaan Unas, masih kata Ruby, sudah dilakukan sejak beberapa bulan ini dengan cara Walikota Mojokerto, Abdul Gani Soehartono berkeliling ke masing-masing sekolah. Pemkot Mojokerto dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) menjadwalkan setiap hari Senin untuk dilakukan upacara dalam rangka persiapan Unas.

“Setiap hari Senin, Pak Wali keliling ke sekolah untuk mengikuti upacara bendera. Biasanya, sekolah yang menyelanggarakan Unas dijadikan satu dan Pak Wali jadi inspekturnya, disini beliau akan menyampaikan himbauan serta memberikan dukungan mental agar mereka lebih siap menghadapi Unas,” katanya.

Selain melalui upacara tiap hari Senin, Pemkot Mojokerto juga memantapkan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan (PKMB) melalui satgas yang ada. Para siswa melalui satgas akan dipantau jam wajib belajar sehingga dengan pemantapan program tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan.

“Kita sudah ada satgas yang memantau kegiatan mereka saat jam wajib belajar, untuk pemberian jam tambahan di sekolah, itu kewajiban masing-masing sekolah penyelenggara Unas. Harapan kita, tahun ini baik tingkat SD hingga SMA bisa lulus 100 persen,” katanya.

Di Kota Mojokerto, jumlah perserta Unas tingkat SMA/MA negeri dan swasta sebanyak 1.701 siswa, siswa SMK negeri dan swasta sebanyak 1.923 siswa, siswa SMP/MTs negeri dan swasta sebanyak 2.891 siswa dan siswa SD/MI negeri dan swasta sebanyak 2.549 siswa, dengan total sebanyak 9.062 siswa.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here