Tomcat Juga Serang Dua Warga di Mojokerto

0
201

Mojokerto  – Serangga tomcat diduga mulai masuk wilayah Kota Mojokerto. Dugaan mirip gigitan serangga kecil ini ditemukan di Suratan, Kelurahan Suratan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Dua korban tersebut masing-masing, Yulita Hasadiah warga Suratan Gang IV no 53 dan Sunyoto (45) warga Suratan Gang IV no 32 D. Keduannya diduga kena racun serangga yang lagi naik daun ini. Pasalnya, tubuh kedua korban mirip kena racun serangga tomcat tersebut.

Seperti yang dialami Yulita Hasadiah. Siswi kelas III SMP Taman Siswa, Kota Mojokerto ini mengaku terkena tomcat. “Saat nonton TV, tiba-tiba ada yang gigit seperti nyamuk di tangan tapi saya tidak lihat serangganya,” ungkapnya, Sabtu (24/03/2012).

Setelah itu, Diah (panggilan, red) merasakan gatal. Ia pun mengaruknya, namun setelah digaruk muncul benjolan dan melepuh mirip terkena tomcat. Karena tak kuat dengan rasanya, hasil garukannya menjalar. Bahkan kedua tangannya pun terdapat luka bekat gigitan serangga.

“Saya kasih salep sampai habis empat belum juga sembuh, karena dia tidak mau dibawa ke dokter. Setelah ada tayangan di TV ternyata tidak boleh dikasih salep, padahal saat digigit itu belum ada di TV jadi kita tidak tahu caranya,” ujarnya ibu Diah, Rahman (49)

Setelah habis empat salep, luka bekas gigitan di kedua tangan anaknya tersebut lebih menyerupai luka bekas terbakar. Meski terlihat seperti sudah sembuh, Diah masih sering merasakan gatal dan panas terutama saat malam hari.

Hal yang sama juga dialami tetangga Diah, Sunyoto (45). Buruh tani mengaku digigit tomcat sekitar satu minggu lalu di sawah. “Satu minggu lalu, kena saat mengangkat batu bata bangunan di sawah. Saat batu bata saya angkat di perut, tiba-tiba perut saya digigit tomcat,” ujarnya.

Sunyoto langsung merasakan panas dan gatal setelah digigit serangga tersebut. Setelah merasakan gatal dan panas, perut Sunyoto langsung melepuh yang berisi air. Ia mengaku jika ia digigit tomcat karena ia sempat mengambil tomcat usai mengenai perutnya.

“Saya lihat serangganya, ya mirip di TV itu. Makanya saya berani bilang, panjangnya kira-kira dua cm, warnanya hitam merah persis yang ada di TV. Setelah digigit, rasanya panas, gatal dan satu minggu berubah jadi benjolan seperti melepuh.[

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here