Makan Jagung Lebih Baik dari Buah dan Sayur?

0
253

Popcorn disebut-sebut baik dikonsumsi dibanding buah dan sayur karena memiliki antioksidan tinggi. Benarkah?
Berdasarkan penelitian para ilmuwan di Amerika Serikat, popcorn atau yang sering disebut jagung brondong ternyata menjadi produk yang mengandung antioksidan lebih dari buah-buahan dan sayuran segar.
Antioksidan merupakan kandungan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk melawan molekul berbahaya yang dapat merusak sel. Bahkan zat yang dikenal sebagai polifenol itu dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Dilansir Genius Beauty, Joe Vinson, seorang ahli giza terkemuka dari University of Scranton, Amerika Serikat menjelaskan fakta bahwa serat atau fiber yang ada dalam popcorn sangat aman bagi lambung dibandingkan buah dan sayur.

“Popcorn membuat lambung lebih nyaman. Mereka sangat bergizi,” katanya.

Vinson menjelaskan, kandungan air yang hanya mencapai 4% dalam popcorn membuat tingkat antioksidan lebih terkonsentrasi. Sementara antioksidan pada buah dan sayur lebih encer sebab kandungan airnya mencapai 90%.

“Popcorn mungkin menjadi makanan camilan yang paling tepat karena 100% mengandung butiran gandum,” jelas Vinson.

Biji-bijian lainnya biasanya diproses dan dicampur dengan bahan lainnya. Karena itu, meskipun kemasan sereal ditandai sebagai ‘sehat’, itu berarti bahwa tidak ada lebih dari 51% biji-bijian yang sehat di sana.

Pada saat sama, sebagian popcorn dapat menyediakan Anda 70% dari jumlah yang diperlukan sehari-hari butiran sehat. Ini berisi 300 mg polifenol, sedangkan porsi buah atau sayur mengandung kurang dari 160 mg.

Meski begitu, Joe Vinso mengingatkan agar tetap mengkonsumsi makanan seimbang. Dengan kata lain, konsumsi buah dan sayur masih sangat penting karena banyak kandungan vitamin dan mineral lain yang tidak ditemukan di dalam jagung popcorn.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here