Nopol Tak Standar, Denda Rp 500 ribu atau 2 Bulan Kurungan

0
69

Mojokerto  – Banyaknya nomor kendaraan (nopol) yang tak sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan Polri (spektek), Polres Mojokerto Kota akan melakukan razia. Seperti nopol baik kendaraan roda dua dan empat yang muda di baca, bertuliskan nama dan pemasangan aktibut Polri.

Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Katino mengatakan, hal tersebut sesuai dengan sosialisasi Kakor Lantas Polri melalui video conference tanggal 17 April
2012. “Plat nomor yang tidak sesuai dengan spektek yang dikeluarkan Polri akan ditindak,” ungkapnya, Senin (24/04/2012) tadi pagi.

Masih kata Kasat Lantas, pemasangan nopol yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dikeluarga Polri tersebut melanggar pasal 280 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Dengan dasar hukum pasal 68 ayat 1, pemilik kendaraan bermotor tersebut dapat diancam dua bulan kurungan penjara atau denda sebesar Rp500 ribu.

“Untuk menegakkan pelanggaran nopol yang tidak sesuai dengan spektek tersebut, kita akan melakukan penertiban nopol kendaraan baik roda dua maupun roda empat seperti yang menggunakan lambang stiker, saranan identitas Polri dan nopol yang bisa di baca. Ini juga berdasar pada himbauan Korlantas Polri,” jelasnya.

Kasat Lantas menjelaskan, sebelum melakukan tindakan terhadap pengendara kendaraan yang menggunakan nopol tak sesuai dengan spektek, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke pedagang yang memberikan jasa membuat nopol. Dalam sosialisasi dijelaskan, nopol kendaraan yang bisa menggeluarkan hanya Samsat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here