Restorasi Bekas Kerajaan Majapahit Ditarget Rampung 2013

1
194

Surabaya  – Program restorasi bekas kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto untuk tahap pertama ditargetkan rampung akhir 2013 mendatang. Untuk tahap awal dimulai dengan membenahi museum terbuka, Candi Kedaton, Pendopo Agung, serta seluruh akses dari Trowulan ke Patirtan Jolotundo.
“Restorasi tahap awal itu nantinya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk dilanjutkan tahap restorasi selanjutnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim Jarianto dikonfirmasi, Minggu (13/5/2012).

Menurut dia, restorasi total kawasan bekas kerajaan akan dilakukan di areal seluas 11×11 meter persegi yang di dalamnya terdapat belasan bangunan induk kerajaan Majapahit serta areal bekas kota Majapahit. Bekas peninggalan Majapahit tersebar di beberapa kawasan di Mojokerto. Sehingga, dalam proses restorasi juga akan dilakukan pelebaran jalan untuk mempermudah akses di ke lokasi peninggalan sejarah tersebut.

Pelebaran dan perbaikan jalan dilakukan mulai dari kawasan Trowulan hingga ke kawasan Patirtan Jolotundo. Selain dana dari pemerintah pusat, juga akan disiapkan dana dari APBD Jatim sebesar Rp 200 miliar.

Seperti diketahui, situs peninggalan kerajaan Majapahit terdiri dari beragam kawasan. Di antaranya Candi Bajang Ratu, Candi Wringin Lawang, Kolam Segaran, Pendopo Agung, Reco Lanang dan Makam Troloyo.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo pernah mengatakan, untuk menunjang restorasi, pemerintah juga memberikan dana sebesar Rp 15 juta kepada warga sekitar kawasan wisata tersebut. “Kami minta rumah warga direnovasi sehingga mirip bangunan zaman Majapahit,” tuturnya ketika itu.

Bersamaan dengan pelaksanaan restorasi, pemerintah saat ini juga mulai merintis Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta. Dengan adanya sekolah tersebut kebudayaan Majapahit diharapkan bisa dilestarikan dan bisa dipelajari dengan mudah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here