2.500 Anak di Kota Mojokerto Aksi Gosok Gigi Massal

0
223

Mojokerto – Sebanyak 2.500 anak-anak di Kota Mojokerto mengikuti aksi sikat gigi massal di lapangan Perumahan Korem 082 Citra Panca Yudha Mojokerto. Sebanyak 2.500 peserta tersebut berasal dari siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Mojokerto.
Ketua panitia, Drg Irene Iwan Kurniawan mengatakan, aksi sikat gigi massal tersebut digelar Forum Perempuan Peduli Mojokerto (FPPM). “Kita mengajak anak-anak di Mojokerto untuk peduli terhadap kesehatan gigi,” ungkapnya, Sabtu (26/05/2012) tadi pagi.

Menurutnya, menjaga kesehatan gigi sangat penting meskipun secara umum menjaga kesehatan juga penting. Gigi, masih kata istri Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Iwan Kurniawan ini, harus dijaga sejak dini karena gigi yang sehat bisa mencerna makanan dengan baik.

Sikat gigi sejak dini akan membantu si kecil mendapatkan gigi yang sehat karena gigi susu memiliki peran yang penting sebagai wadah tumbuhnya gigi tetap. Pada usia anak-anak, biasanya rentan terhadap kerusakan gigi mulai dari gigi keropos sampai menghitam karena adanya lubang gigi. “Gigi yang bermasalah akan membuat anak kesulitan mengunyah makanan dan kesulitan makan. Sebaiknya segera memulai perawatan gihi bayi sejak giginya belum tumbuh dengan cara mengusap perlahan gusi bayi usai menyusui,” katanya.

Saat gigi si kecil mulai tumbuh, bisa menggunakan sikat gigi untuk bayi yang bertekstur lembut tanpa pasta gigi. Jika sudah bisa berkumur maka bisa menggunakan pasta gigi untuk anak, hindari makanan manis dan lengket yang berisiko dapat merusak gigi.

“Hasil survei menunjukan dalam enam bulam sekali terdapat dua lubang pada gigi anak, satu tahun bisa empat lubang. Bayangkan jika usia 10 tahun, sudah berapa lubang gigi. Sehingga, menjaga kesehatan gigi sejak usia dini sangat penting,” urainya.

Untuk itu, melalui aksi sikat gigi massal tersebut, FPPM mengajak masyarakat di Kota Mojokerto untuk menjaga kesehatan gigi dengan cara mengosok gigi dengan baik dan teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here