Modal Kurang, UMKM di Kabupaten Mojokerto Bertumbangan

0
274

Mojokerto  – Di tengah rencana Pemkab Mojokerto membangun kawasan industri di utara Sungai Brantas, sebanyak 10 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Mojokerto gulur tikar. Kurangnya peran serta pemerintah dan minimnya modal diduga menjadi penyebabnya.
Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto, Nugroho Budi Sulistyo mengatakan, di Kabupaten Mojokerto terdapat 32 ribu UMKM. “Yang saat ini masih berproduksi sekitar 70 persen saja, sedangkan yang 30 persen atau sekitar 10 ribu UMKM sudah gulung tikar,” ungkapnya, Sabtu (09/06/2012) tadi pagi.

Masih kata Nugroho, ribuan UMKM tersebut gulung tikar karena terkendala pada kurangnya modal dan pemasaran. Tak hanya itu, Nugroho memprediksi tidak adanya peran serta pemerintah daerah juga dituding menjadi penyebab ribuan UMKM di Kabupaten Mojokerto ini gulung tikar.

“Tahun 2012 ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto hanya mendapatkan alokasi anggaran untuk pengembangan UMKM sebesar Rp25 juta saja. Alokasi anggaran sebesar ini, sangat tidak cukup untuk pemberdayaan ribuan UMKM yang ada di Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here