Selingkuh, Warga Minta Bupati Copot Kades

0
106

Mojokerto  – Puluhan perwakilan warga dan perangkat Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto mendatangi Pemkab Mojokerto. Mereka meminta agar Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasa segera memberhentikan Kepala Desa Seloliman, Sumarianto (45).

Pasalnya, warga menilai Kades sudah kayak memimpin warga Desa Seloliman karena kasus perselingkuhan dengan janda warga warga Prambon, Sidoarjo, Suhartini (40). “Warga sudah tidak menghendaki Pak Samari memimpin,” ungkap salah satu warga, Muhadi, Rabu (11/07/2012) tadi siang.

Masih kata Muhadi, tujuan kedatangan perwakilan warga dan perangkat desa agar bupati segera mengambulkan usulan masyarakat Desa Seloliman untuk memperhentikan kades. Pasalnya, sejak digrebek warga pada 28 Juni lalu, Desa Seloliman tidak lagi memiliki kades karena warga sudah melarang kades untuk bekerja di balai desa.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Mojokerto, Ahmad Jazuli menjelaskan tentang aturan pemberhentian perangkat desa. “Aturannya, jika yang bersangkutan terlibat kasus maka harus menunggu status hukum tetap atau status tersangka baru bisa diproses,” jelasnya.

Jazuli menjelaskan, untuk status hukum tetap yang bersangkutan akan diberhentikan secara tidak hormat. Sementara untuk status tersangka maka yang bersangkutan akan diberhentikan sementara dari jabatannya. Tanpa dua alasan tersebut, bupati tidak bisa memproses.

“Karena kasus ini sudah di Kejaksaan, kita tinggal menunggu status tersangka baru bisa memproses namun warga juga bisa meminta agar kades mau mengundurkan diri dengan jaminan kasus tidak dilanjutkan. Untuk pelayanan di desa, sekdes bisa melakukan pelayanan rutin yang sifatnya tidak mengambil keputusan sambil meminta petunjuk dari camat,” tegasnya.

Usai mendengarkan jawaban dari Asisten I, warga yang ditemui di ruang Kepala Dinas Kesbangpol dan Linmas Pemkab Mojokerto langsung membubarkan diri. Tuntutan warga tersebut bermula saat warga mengrebek Kepala Desa Seloliman, Sumarianto (45) di rumah kontrakan Dusun Biting, Desa Seloliman bersama dengan Wanita Idaman Lain (WIL), Suhartini (40) warga Prambon, Sidoarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here