Krisis Air, Warga Jetak Konsumsi Air Keruh

1
281

Mojokerto  – Sekitar 25 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Jetak, Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto terpaksa mengkonsumsi air sungai yang keruh. Pasalnya, sejak dua bulan terakhir sumur warga tak mengeluarkan tak mengeluarkan air.
Meski Sungai Pikatan berada hanya sekitar 500 meter dari rumah warga, namun warga harus extra hati-hati untuk menjangkaunya. Pasalnya, kondisi air Sungai Pikatan hanya ada di dasar sungai. Warga harus turun ke dasar sungai dengan kondisi jalan yang curam dan banyak batu besar.

Salah satu warga, Suparti (55) mengatakan, air yang ada di sumur warga sudah tak mengeluarkan air sejak bulan Juni lalu. “Air PDAM pun keluarnya tidak lancar sehingga untuk kebutuhan sehari-hari kita mencari air di Sungai Pikatan,” ungkapnya, Senin (03/09/2012) tadi siang.

Jika hanya mengandalkan air dari air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Suparti mengaku tak cukup karena air PDAM mengalirnya tak lancar. Menurutnya, kondisi seperti ini selalu terjadi tiap tahun yakni tiap musim kemarau atau setiap pertengahan tahun.

“Untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mencuci dan mandi, warga mengambil air di Sungai Pikatan. Air sebenarnya sudah tidak layak karena keruh tapi kita terpaksa, kalau tidak mengambil air di sungai sudah tidak ada lagi sumber lain. Kita ambil saat pagi dan sore karena airnya lebih jernih dibanding siang hari,” katanya.

Kepala Dusun Jetak, Suwarno (42) membenarkan, jika warganya saat ini mengalami krisis air bersih. “Dari 64 KK di Dusun Jetak, ada 25 KK yang kondisi sumurnya tak mengeluarkan air. Air PDAM juga tidak lancar, malam hari sedikit lancar dan bisa dipastikan satu hari dalam seminggu air PDAM tidak keluar,” jelasnya.

Untuk mendapatkan air PDAM, warga harus mengeluarkan uang sebesar Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per bulan, tergantung kebutuhan air tersebut. Menurutnya, ia sudah menyampaikan kondisi tersebut ke pemda setempat namun belum ada solusi. Selain Dusun Jetak, Dusun Sawahan, Desa Pugeran sekitar 100 KK lebih juga mengalami hal yang sama.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here