Calon Jamaah Haji Daftar Tahun ini, Berangkat Tahun 2024

0
253

Mojokerto  – Antusias masyarakat Kabupaten Mojokerto berangkat menunaikan ibadah haji cukup tinggi. Tahun ini, jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) meningkat dari tahun sebelumnya. Bahkan, untuk yang mendaftar tahun ini, dipastikan baru berangkat tahun 2024 mendatang.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Departeman Agama Kabupaten Mojokerto, Abdul Aziz mengatakan, CJH asal Kabupaten Mojokerto diprediksi akan berangkat tanggal 6 dan 7 Oktober mendatang dengan kloter 41, 42, 43 dan 44. “Ini baru prediksi karena masih ada rapat,” ungkapnya, Rabu (12/09/2012).

Dari 1.615 CJH, ada enam orang CJH yang gagal berangkat karena alasan pribadi yakni mengundurkan diri untuk menunggu berangkat bersama-sama anggota keluarga lainnya, dua diantaranya sudah melunasi. Namun jumlah tersebut sudah digantikan dengan daftar tunggu (waiting list, red).

“Sebanyak 1.615 CJH tersebut sudah termasuk pengganti enam yang mengundurkan diri itu. Terbanyak dari Kecamatan Bangsal yakni 170 CJH, untuk tahap-tahapannya sudah selesai semua. Ini tadi manasik haji tahap kedua sudah diselenggarakan,” katanya.

Dari 1.615 CJH, sebanyak 45 CJH masuk ke Depag Kabupaten Mojokerto. Mereka berasal dari, Sidoarjo dan Kota Mojokerto. Sedangkan, yang keluar dari Depag Kabupaten Mojokerto sebanyak 42 CJH yakni ke Gresik, Kota Mojokerto dan Sidoarjo.

“Ada juga yang seharusnya berangkat hari tahun ini namun mereka sengaja tidak melunasi yakni sekitar 40 CJH. Ini rata-rata karena alasan keluarga, sakit serta meninggal. Kita juga mendapatkan tambahan kuota nasional untuk lanjut usia sebanyak lima orang,” jelasnya.

Namun dari lima orang tersebut, hanya tiga yang akan berangkat. Satu orang meninggal dan satu orang tidak bisa melunasi. Untuk lansia tertua atas nama Tekat (90) warga Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

“Untuk kuota nasional, pelunasannya sampai tanggal 14 besok tapi untuk yang CJH biasa terakhir lunas tanggal 7 kemarin. Untuk tahun ini, jumlahnya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 1.500 CJH. Yang mendaftar tahun ini saja, dipastikan baru bisa berangkat tahun 2024 mendatang,” jelasnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here