Air Kolam Majapahit Surut, Warga Berebut Ikan

0
384

Mojokerto  – Ratusan warga baik orang dewasa dan anak-anak masuk ke Kolam Segaran di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Mereka berebut mencari ikan mujaer yang ada di kolam bekas peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut.

Cuaca kemarau menjadi dampak, ikan-ikan tersebut mudah diambil. Pasalnya, kondisi air yang ada di Kolam Segaran dalam keadaan surut sehingga ratusan orang baik dewasa maupun anak-anak dengan mudah mencari ikan.

Salah satu warga Khoirul Anam (30) menuturkan, ia sengaja datang ke Kolam Segaran karena mendengar ada banyak ikan mujaer yang bisa diambil. “Ikannya itu menancap di lumpur dan airnya hanya sepinggung sehingga mudah untuk diambil,” ungkapnya, Minggu (16/09/2012) tadi sore.

Menurut warga Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini menuturkan, banyaknya ikan dengan jenis ikan mujaer tersebut mudah diambil karena akibat musim kemarau. Kondisi air yang surut dan panasnya cuaca di permukaan menyebabkan ikan mencari air dan menancap di lumpur.

“Ikannya menancap di lumpur sehingga mudah untuk di ambil tapi karena jenisnya hanya ikan mujaer dan banyak siripnya jadi harus hati-hati. Saya tadi masuk dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, kira-kira ada 10 kg. Rencananya di makan sendiri dan di bagi-bagi ke tetangga,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan, David (17) warga Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. Ia bersama empat temannya bermaksud akan memancing namun karena banyak orang masuk ke Kolam Segaran, akhirnya ia dan keempat temannya ikut masuk dan mencari ikan.

“Tadi mau mancing tapi karena banyak yang masuk ya ikut masuk, tadinya juga tidak tahu kalau ikannya mudah diambil karena airnya surut. Dari pukul 11.00 WIB tadi saya dan teman-teman ikut cari ikan, rencananya dibawa pulang untuk dimasak sendiri dan dibagikan ke tetangga,” urainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here