Pengadaan Beras Bulog di Mojokerto Mencapai 83 Persen

0
136

Mojokerto – Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia tak mempengaruhi pengadaan beras di Bulog Sub Divre Surabaya Selatan. Penyerapan beras dari petani, kelompok tani atau mitra kerja sudah mencapai 90 juta kg atau 83 persen.
Kabulog Suv Divre Surabaya Selatan, Karyawan Gunarso mengatakan, penyerapan baik gabah maupun beras pada tahun 2012 ini sudah mencapai 90 juta kg dari target 109 kg. “Pencapaian ini jauh melebihi kinerja penyerapan gapah maupun beras pada 2011,” ungkapnya, Sabtu (29/09/2012) tadi pagi.

Wawan (sapaan akrab, red) menjelaskan, jika pada tahun 2011 penyerapan gabah maupun beras dari petani, kelompok tani dan mitra kerja hanya mencapai 23 juta kg. Pencapaian tahun 2012, lanjut Wawan berhasil karena beberapa hal, diantaranya panen tahun 2012 cukup bagus.

“Pencapaian penyerapan tahun ini luar biasa, lebih besar dari tahun lalu karena panen tahun ini cukup bagus sehingga Bulog memiliki peluang besar untuk melakukan penyerapan gabah maupun beras. Selain itu, keberhasilan pencapaian tahun ini juga didorong oleh partisipasi dari kelompok tani,” katanya.

Menurutnya, kelompok tani yang bermitra dengan Bulog Sub Divre Surabaya Selatan dalam penjualan gabah maupun beras cukup mempengaruhi keberhasilan tersebut. Pasalnya, gabah maupun beras dari kelompok tani sebanyak 5 juta kg dijual ke Bulog Sub Divre Surabaya Selatan.

“Kekeringan, untuk wilayah kita, Mojokerto dan Jombang tidak ada pengaruh signifikan terhadap hasil panen tahun karena dari hasil koordinasi dengan instansi terkait debit air masih cukup dan saat ini, panen di wilayah kita masih berjalan di beberapa tempat. Insya Allah, kita bisa melampaui tahun lalu dan memenuhi target tahun ini,” jelasnya.

Masih kata Wawan, luas area persawahan di wilayah Bulog Sub Divre Surabaya Selatan relatif lebih besar dari Mojokerto yakni 50 ribu hektar. Sedangkan Mojokerto hanya 37 ribu hektar sehingga hasil panen lebih besar Jombang. Pihaknya optimis, pencapaian penyerapan bisa melampau kinerja tahun 2010 yang mencapai 96 juta kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here