Diduga Jual Kambing Bantuan, Kadus Tambaksari Dipolisikan

0
46

Mojokerto  – Dugaan bantuan kambing untuk Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto yang dijual oknum perangkat desa akhirnya dilaporkan ke Mapolres Mojokerto, Selasa (16/10/2012).Dengan membawa kambing bantuan Program Jalin Kesra Dinas Peternaan Pemprov Jatim, Kaur Kesra Desa Tambakagung, Filla Muji Utomo bersama RTSM penerima bantuan mendatangi ruang Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Mojokerto.

“Kita kesini melaporkan ada penyimpangan bantuan kambing untuk RTSM yang ada di Dusun Tambaksari. Kambing RTSM penerima dijual oleh Kepala Dusun, Sudiono. Ada 15 orang RTSM di Dusun Tambaksari tidak menerima bantuan tersebut,” ungkap Filla.

Masih kata Filla, masing-masing RTSM menerima bantuan kambing sebanyak empat ekor, satu jantan dan tiga betina. Pihaknya datang untuk melaporkan Kepala Dusun Tambaksari, Sudiono yang diduga menjual kambing bantuan.

“Prosedurnya, bantuan tersebut dari desa ke RTSM penerima melalui masing-masing kadus. Modusnya, dengan cara mintai KK kemudian diminta untuk menunggu namun beralasan hilang, bantuan kambing tersebut diganti beras raskin karena saat pembagian bertepatan dengan pembagian beras raskin,” katanya.

Diduga, Kadus menjual bantuan kambing senilai Rp350-600 ribu per empat kambing. Tak hanya itu, pihaknya juga melaporkan adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan masing-masing Kadus dengan meminta uang antara Rp200-250 ribu. Pihaknya berharap pihak kepolisian segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Di Desa Tambakagung, ada sebanyak 85 RTSM yang dialokasikan mendapat bantuan kambing dari Pemprov Jatim tersebut. Masing-masing, di Dusun Tambaksari sebanyak 27 RTSM, Dusun Teras sebanyak empat RTSM, Dusun Sepanden sebanyak 21 RTSM, Dusun Tambaksuruh sebanyak 13 RTSM, Dusun Trenggunung sebanyak 11 RTSM dan Dusun Dimoro sebanyak 10 RTSM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here