Dijanjikan Bertemu Gubenur, Buruh Bubarkan Diri

0
112

Mojokerto – Meski tidak ditemui Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasa dan belum menemui kata sepakat terkait penetapan Upah Minimun Kabupaten (UMK) Mojokerto tahun 2013, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ferederasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) meminta buruh bubar. Pasalnya, Selasa (30/10/2012) perwakilan buruh diterima Gubenur Jawa Timur, Soekarwo.

LBH FSPMI Pujianto mengatakan, hasil perundingan dengan serikat pekerja pimpinan cabang yang lain ada beberapa hal. “Kita sudah mengirimkan perwakilan ke rumah bupati tapi ternyata bupati tidak ada, kita akan menginap disini sampai besok,” ungkapnya, Senin (29/10/2012) tadi malam.

Pujianto menjelaskan, untuk Kota Mojokerto, berapapun penetapan UMK Kota Mojokerto 2013 oleh Dewan Pengupahan Kota Mojokerto akan diteken Walikota Mojokerto, di Kabupaten Mojokerto, sebanyak 46 perusahan besar tidak keberatan dengan upah yang diusulkan buruh.

“Besok, sebanyak 20 perwakilan buruh Mojokerto akan bertemu Gubenur Jatim, kita akan bawa kesepakatan 46 perusahaan tersebut. Keputusan bukan di bupati tapi di gubenur, bupati hanya merekomendasikan dan gubenur yang mempunyai wewenang untuk menyetujuinya,” katanya.

Menurutnya, perjuangan buruh belum berakhir, sehingga pihaknya akan mengawal keputusan Gubenur. Jika surat rekomendasi dikembalikan oleh Gubenur Jawa Timur, pihaknya mengancam akan kembali menggelar aksi lebih besar lagi dengan memblokir jalur By Pass Mojokerto.

“Besok kita akan kawal keputusan gubenur, jika surat rekomendasi tersebut dikembalikan maka ancaman kita untuk menggelar demo lebih besar akan benar-benar akan kita lakukan. Sekarang kita pulang, karena besok perjuangan kita belum selesai,” jelasnya.

Usai mendengarkan keterangan Ketua LBH FSPMI, buruh dengan tertib membubarkan diri dan meninggalkan kantor Pemkab Mojokerto. Sebelumnya, buruh mengancam akan bermalam di Pemkab Mojokerto hingga Bupati Mojokerto menemui mereka dan segera merevisi UMK Kabupaten Mojokerto 2013 dari Rp1.408.359 menjadi Rp1.565.024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here