Geram Datangi Kejari Mojokerto

0
302

Mojokerto  – Puluhan masyarakat Mojokerto yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Mojokerto (Geram) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Mojokerto. Massa meminta agar sejumlah kasus tindak pidana korupsi (tipikor) di dinas yang ada di Kabupaten Mojokerto segera dituntaskan.Massa datang dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, massa membawa berbagai spanduk dan poster berisikan tuntutan. Perwakilan massa langsung diterima Kepala Kejari Mojokerto, Umbu Lage Woleka di aula Kejari Mojokerto lantai II.

Koordinator aksi, Sugiantoro mengatakan, salah satu contoh korupsi di dinas Kabupaten Mojokerto yakni dana blockgrand di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. “Kita terpanggil untuk menyelamatkan masyarakat Mojokerto dari kasus korupsi,” ungkapnya, Rabu (31/10/2012) tadi pagi.

Menurutnya, dana blockgrand di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto tahun 2011 sebesar Rp1 miliar. Jika kasus tersebut tidak segera dituntas, Geram mengancam tanggal 9 Desember akan mengantung sendiri para koruptor di Mojokerto.

Polres Mojokerto dalam kasus dugaan korupsi dana blockgrant 2011 di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto sudah menetapkan tiga tersangka. Yakni Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum) Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Kasiono, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Kasiono serta dua stafnya, Erwin dan Anggar.

Ketiga tersangka ditengarai melakukan tipikor dengan tidak mentaati petunjuk teknis (juknis) terkait penggunaan bantuan anggaran untuk pembangunan fisik. Dalam aturannya tidak disebutkan penggunaan anggaran untuk jasa konsultan, namun dalam kasus tersebut menggunakan jasa konsultan dengan menggunakan sebagian anggaran tersebut.

Penggunaan jasa konsultan tersebut atas perintah Kepala Dikmenum Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Yakni sebesar 5 persen dari anggaran yang turun ke masing-masing sekolah. Dengan sasaran Kejaksaan Negeri Mojokerto (Kejari) di Jalan RA Basuni Sooko serta kantor DPRD Kabupaten Mojokerto di Jalan A. Yani Kota Mojokerto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here