Gunung Arjuna dan Welirang Terbakar

0
109

Gunung Arjuno kembali terbakar. Kebakaran kali ini melanda kawasan hutan, tepatnya di Blok 31 Kawasan Watu Lawang, di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Rabu (31/10/2012).¬†Syafaruddin, warga Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen menuturkan, kebakaran kawasan hutan ini berlangsung sejak pukul 11:00 WIB. “Sejumlah petugas dan para petani turut memadamkan kebakaran tersebut,” jelas Syafaruddin, yang juga salah satu pengurus Yayasan Kaliandra Prigen ini.

Tak hanya Gunung Arjuno, kebakaran hebat juga melanda Gunung Welirang. Bahkan, kebakaran di gunung dengan ketinggian 3.156 meter tersebut,
terjadi sejak Selasa (30/10/2012). Hingga kini, kebakaran di gunung yang penuh dengan misteri itu, belum bisa dipadamkan.

Kepala Tahura R. Soerjo Malang Gatot Sundoro mengatakan, kebakaran hebat di Gunung Welirang sulit dipadamkan, karena terpaan angin di dataran tinggi itu sangat kencang. “Anginnya sangat kencang diatas, mas. Jadi petugas sulit untuk memadamkan kobaran api yang melanda kawasan pegunungan ini,” terangnya.

Gatot Sundoro menegaskan, kebakaran hutan di Gunung Welirang lagi-lagi karena ulah tangan-tangan jahil, yang tak bertanggung jawab. “Hutan di Gunung Welirang sering kali dibakar para pemburu liar. Kadang juga dibakar orang-orang pembuat arang. Inilah susahnya,” ungkap dia.

Pria yang terkenal ramah kepada wartawan ini menjelaskan, pihaknya pun khawatir jika kebakaran ini terus meluas. “Kebakarang di Gunung Welirang ini masuk Tahura Mojokerto. Karena itu, kita khawatir akan meluas hingga ke wilayah kita,”. pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here