Rusak Lingkungan, Akses Menuju Galian C Ditutup Warga

0
126

Mojokerto –Kesal dengan lokasi galian C yang berdampak pada kerusakan lingkungan, ratusan warga dua desa di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto menutup akses masuk menuju lokasi galian C. ¬†Warga mematok akses masuk dan mengeluarkan dua alat berat yang ada di lokasi galian C. Ratusan warga tersebut berasal dari, Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet dan Desa Simbaringin, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Aksi ratusan warga tersebut dilakukan, lantaran kesal galian C milik Rudi Sutato, warga Surabaya, tersebut merusak lingkungan sekitar.

Koordinator aksi, Lazim (53) mengatakan, dengan adanya lokasi galian C tersebut menyebabkan kerusakan lingkungan. “Tanah produktif pertanian longsor, air sungai keruh dan tak layak dikonsumsi warga,” ungkapnya, Senin (19/11/2012).

Menurutnya, lokasi galian C yang berada di tengah sungai tersebut, membuat aliran sungai terhambat sehingga tidak lagi bisa digunakan petani untuk irigasi. Akibatnya, tujuh hektar tanaman padi milik petani terancam gagal panen karena tidak mendapatkan air.

“Warga sepakat untuk menutup akses masuk dengan mematok besi di tengah jalan, semua aktivitas galian kita hentikan karena bisa dipastikan jika musim hujan akan terjadi longsor dan banjir bandang. Kita akan mengadukan ini ke Kapolres Mojokerto, agar lokasi galian ini segera ditutup karena ilegal dan merusak lingkungan,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here