Polres Mojokerto Kota Didemo Ratusan Buruh

0
267

Mojokerto  – Ratusan buruh dari Aliansi Perjuangan Buruh Mojokerto (APBM) mendatangi Polres Mojokerto Kota, Kamis (29/11/2012). Buruh meminta agar pihak kepolisian untuk membebaskan tiga aktivis buruh yang ditahan Polrestabes Surabaya dan Polres Sidoarjo.Ratusan buruh dengan menggunakan dua truk dan ratusan kendaraan roda dua mendatangi Polres Mojokerto Kota di Jalan Bhayangkara Kota Mojokerto. Dengan membawa spanduk, poster berisi tuntutan, massa langsung menggelar unjuk rasa dan orasi didepan Polres Mojokerto Kota.

Koordinasi APBM, Hari Tjahyono mengatakan, Polres Mojokerto Kota merupakan bagian dari institusi kepolisian di wilayah Kota Mojokerto. “Kita minta agar, Pujianto dibebaskan serta menolak kriminalisasi pimpinan dan upah layak yang telah ditetapkan Gubenur Jawa Timur kemarin,” ungkapnya, tadi pagi.

Masih kata Hari, penangkapan tiga aktivis buruh tersebut sebagai bentuk kriminalitas serikat pekerja. Pasalnya, buruh yang dilindungi undang-undang, saat gerakan buruh semakin besar, para aktivis ditangkap karena dinilai telah melakukan pengrusakan saat aksi di Gedung Grahadi Surabaya beberapa waktu lalu.

“Penangkapan, Pujian, Dony dan Yulius dianggap sebagai provokator, kita melakukan aksi ini untuk membebaskan kawan kita yang ditahan melalui penamgguhan penahanan dan menjamin mereka. Setelah ini, kita akan ke Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim bergabung dengan buruh yang lain,” ujarnya.

Setelah melalukan orasi dan menyerahkan surat pernyataan yang diberikan ke Kabag Ops Polres Mojokerto, Kompol Husain Hidayat, dengan tertib buruh membubarkan diri. Ratusan buruh meninggalkan Polres Mojokerto Kota menuju Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here