Revitalisasi Kali Surabaya, 40 Ribu Bibit Ikan Ditebar di JT Mojokerto

0
29

Mojokerto  – Sebanyak 40 ribu bibit ikan ditebar di Sungai Brantas, dalam acara “Revitalisasi Kali Surabaya untuk Masa Depan Generasi”, Minggu (09/12/2012). Acara yang digelar PT Perkebunan Rakyat X (Persero) bersama dengan Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) tersebut untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.Kepala Bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), PTPN X, Wasis Pramono mengatakan, sebanyak 40 ribu ikan yang disebar merupakan habitat asli Kali Surabaya. “Seperti ikan rengkil, jendil, bader dan welut sungai, sebagai revitalisasi Kali Surabaya, selain menebar ikan juga penanaman bibit pohon,” ungkapnya, di Jogging Track (JT) Mojokerto, tadi siang.

Masih kata Wasis, pihaknya terus meningkatkan tata kelola lingkungan yang berkualitas demi terciptanya praktik bisnis yang bekelanjutan. Hal tersebut sesuai dengan komitmen PTPN X untuk terus mendukung berkelanjutan lingkungan demi generasi mendatang yang merupakan salah satu point utama yang melandasi operasional PTPN X.

Ketua KJPL, Teguh Ardi Srianto mengatakan, jalur Sungai Brantas cukup rawan terhadap pencemaran limbah rumah tangga dan industri. “Tentunya, dengan adanya pihak yang peduli kita sangat apresiasi karena perlu adanya upaya penyadaran warga yang tinggal di sepanjang stren Kali Surabaya,” katanya.

Teguh menambahkan, perbaikan kualitas air yang menjadi air baku untuk pengolahan air minum di lima kabupaten/kota di Jatim seperti, Malang, Batu, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan Surabaya sangat penting. Pemulihan harus segera dilakukan dengan pengembalian ekosistem di Kali Surabaya seperti mengembalikan populasi ikan yang mati dengan penebaran bibit ikan asli Kali Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here