Musim Hujan, 3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Pengendara Mobil

0
88

Belakangan ini curah hujan makin meningkat. Intensitas hujan yang semakin tinggi juga mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Indonesia. Nah agar tetap berkendara dengan aman dan nyaman saat hujan turun, ada baiknya para pengendara mobil melakukan pengecekan beberapa komponen pada mobilnya.  Terutama komponen yang memiliki peran penting saat berkendara dalam cuaca hujan. hujan motorIsmail, Kepala Mekanik Bengkel Hyundai di kawasan Pondok Indah, memberikan tips kepada Otolovers semua agar tetap bisa berkendara aman dan nyaman saat hujan turun.

Menurutnya, ada beberapa komponen di mobil yang memiliki peran penting dan sensitif saat terjadi turun hujan. Seperti sistem penerangan pada mobil seperti lampu depan, belakang, sein dan lampu kabin.

“Sistem penerangan seperti lampu depan dan belakang sangat penting ketika berkendara saat hujan. Karena dengan adanya pencahayaan dari lampu depan pandangan akan tetap terlihat dan lampu belakang sebagai tanda kepada mobil di belakang atau sekitarnya,” beber Ismail kepada detikOto, Kamis (27/12/2012).

Faktor kedua yakni periksa kondisi atau fungsi rem pada mobil Anda. Karena rem merupakan faktor yang paling penting. Saat musim hujan seperti ini rem sering mengalami masalah, baik macet ataupun sering menimbulkan bunyi-bunyi.

“Biasanya kalau abis hujan atau kerendem air rem suka bunyi. Itu disebabkan karena masuknya kotoran,” katanya.

Selain itu rem juga terkadang tidak berfungsi normal jika sudah terendam oleh air. Jadi ada baiknya Anda mengeceknya. Pengecekannya bisa dilakukan sendiri yakni dengan cara menginjak-injak pedal rem.

“Kalau diinjak saat mesin mati biasanya pedalnya masih terasa tinggi. Tapi kalau mesin sudah nyala biasanya pedal rem akan turun sedikit. Kalau seperti itu masih normal, tapi kalau tidak seperti itu harus sudah diganti atau dicek ke bengkel terdekat,” imbuhnya.

Ismail menambahkan, untuk rem belakang biasanya jarang terjadi macet tapi langsung bocor, tapi kalau rem depan pasti macet karena adanya kotoran yang masuk di break master.

Komponen ketiga yakni wiper. Pastikan wiper berfungsi dengan baik. Periksa karet wiper apakah masih layak atau tidak. Sebab kalau sudah tidak layak kinerjanya akan menurun.

“Apalagi kalau karetnya sudah keras. Itu sudah pasti fungsinya tidak akan maksimal dan dapat merusak kaca karena karet yang sudah keras dapat membuat lecet pada kaca mobil. Itu otomatis juga dapat mengganggu pandangan pengemudi saat mengemudikan mobil di musim hujan” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here