Ikan Laut di Mojokerto Langka

0
110

Mojokerto  – Cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah pesisir menyebabkan harga ikan laut di sejumlah pasar di Mojokerto naik. Selain menyebabkan harga ikan di pasaran naik hingga kisaran 20 persen dari harga semula, tak jarang ikan laut sulit dicari keberadaannya.ikan lautSeperti di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, sejumlah ikan laut menghilang, jika pun ada harga ikan laut mengalami kenaikan hingga 20 persen. Cuaca buruk yang melanda berbagai daerah di kawasan pesisir, menjadi penyebab ketersedian ikan laut terbatas dan menghilangkan di pasaran.

Bahkan, beberapa jenis ikan laut seperti ikan dorang, ikan tenggiri, ikan tuna dan cumi-cumi, saat ini sudah tidak ada. Padahal, ikan-ikan jenis ini biasanya banyak dicari pembeli. Sementara, beberapa ikan lain masih ada seperti, ikan jenis tongkol namun harganya naik dari harga semula.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, Ahmad mengatakan, rata-rata kenaikan harga ikan laut mencapai kisaran 20 hingga 30 persen per kilogramnya. “Seperti ikan tuna, dari harga Rp22 ribu per kilogram kini menjadi Rp28 ribu per kilogram,” ungkapnya, Jum’at (25/01/2013) tadi pagi.

Kenaikan harga ikan laut ini, lanjut Ahmad karena pasokan ikan laut dari daerah pesisir berkurang. Dalam sehari, di Pasar Tanjung Anyar dipasok sekitar 1,5 ton, namun saat ini pasokan ikan laut hanya kurang dari satu ton. Jika cuaca masih buruh, dipastikan harga ikan laut akan terus naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here