Warga Kembangsri Blokir Pintu Masuk PT Mega Surya Eratama

0
89

Mojokerto  – Ratusan warga Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto memblokir pintu masuk pabrik PT Mega Surya Eratama (PT MSE) di Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Selasa (29/01/2013). 
demo mega surya eratamaMereka menuntut air bersih dan banyaknya debu yang ditimbulkan oleh pabrik pengolaan kertas tersebut. Pasalnya, warga menilai mata air di sekitar pabrik habis karena di sedot sumur pabrik yang digunakan untuk mengelola kertas.

Selain menuntut mata air dikembalikan seperti semula, warga juga mengeluhkan debu batu bara dan kebisingan mesin produksi.

Akibat aksi warga yang juga didominasi kaum ibu-ibu ini, sekitar 1.500 buruh tidak bisa bekerja karena pintu masuk di blokir warga sejak pukul 06.00 WIB, tadi pagi. Meski begitu, pihak manajemen pabrik hingga kini belum menemui warga yang berada di depan pintu masuk pabrik pengolaan kertas tersebut.

Korlap aksi, Sujakpar mengatakan, pabrik di Desa Jasem tersebut sudah beroperasi sejak dua tahun lalu. “Tapi mata air sumur warga di Desa Kembangsri disedot pabrik hingga air tak lagi bersih. Tidak hanya itu, banyak debu yang ditimbulkan saat mobil pabrik lalu lalang dan pabrik beroperasi serta suara bising mesin pabrik sangat mengganggu,” ungkapnya.

Masih kata Sujakpar, warga meminta bertemu dengan pihak manajemen pabrik dan menyampaikan langsung tuntutan warga. Yakni, kembalikan debit air sumur kami yang semakin menghilang pada musim kemarau pasca PT MSE beroperasi dan menghilang suara bising yang ditimbulkan mesin pabrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here