Sahabat Lingkungan Kampanye Keliling Kota

0
149

Mojokerto  – Tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah oleh pemerintah, namun masih saja masyarakat maupun pemerintah sendiri tidak peduli dengan sampah.  Berawal dari keprihatinan inilah, Sahabat Lingkungan melakukan aksi kampanye keliling Kota Mojokerto.peduli lingkungan mojokertoDengan menggandeng masyarakat, lansia dan siswa di Kota Mojokerto, melakukan aksi kampanye keliling Kota Mojokerto menggunakan sepeda angin. Tak lupa sampah-sampah kaleng, botol dimasukkan dalam kantong besar diikat di belakang sepeda angin yang mereka kendarai.

Dengan menggunakan berbagai brosur dan spanduk bertuliskan Peringatan Hari Peduli Sampah, mereka juga mengambil sampah yang ditemui di jalan untuk dipilah. Sesampai di Balai RW 3 Perum Magersari Indah, Kecamatan Magersari, sampah-sampah dikumpulkan.

Direktur Utama Sahabat Lingkungan, Satrijo Wiweko mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah diawali dari tragedi longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwi Gajah pada tahun 2005 yang menelan 142 orang tewas. “Sehingga ditetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah,” ungkapnya, Jum’at (22/02/2013) tadi siang.

Meski ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah, namun pemerintah lanjut Satrijo tidak memperingati dan terkesan cuek. Sehingga pihaknya mengajak semua warga Kota Mojokerto dengan melakukam aksi kampanye peduli sampah. Selain itu, lanjut Satrijo, Kota Mojokerto gagal dua kali meraih Piala Adipura.

“Ini juga sebagai edukasi masyarakat dan juga pemerintah agar lebih peduli terhadap sampah. Kita juga punya bank sampah untuk menggolahan warga yang hasilnya dikembalikan ke mereka baik untuk kas maupun membeli pot bunga untuk mempercantik lingkungan,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Pemkot Mojokerto lebih serius menanggani sampah dengan banyak menggelar program berbasis lingkungan. Pasalnya, pemerintah yang memiliki anggarannya. Dengan melibatkan masyarakat agar bisa mengumpulkan, memilah dan mengolah sampah yang hasilnya bisa dinikmati semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here