Arus Sungai Gembolo Deras, Makam Warga Terseret

0
282

Mojokerto  – Hujan yang menguyur kawasan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto beberapa hari menyebabkan Sungai Gembolo meluap. Akibatnya, Dam Mojorejo yang tak mampu menahan air menjebolkan pondasi pemakanan Dusun Tumpang Sari, Desa Jiyu hingga menyeret beberapa makam warga.

sungai gemboloAnggota BPD Jiyu, Rusdi mengatakan, aliran Sungai Gembolo di Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo mengalir ke Desa Mojorejo. “Dulu dam tidak berada tepat di sebelah makam tapi dipindah oleh warga Mojorejo dan dibangun disini. Dulu kondisinya tidak dalam seperti ini,” ungkapnya, Rabu (27/02/2013) tadi siang.

Setelah proses pemindahan dan pembangunan Dam Mojorejo pada tahun 2000 lalu justru menyebabkan sebagian area pemakaman terseret arus sungai. Pasalnya, lanjut Rusdi, setelah dibangun dam, pondasi makam yang berdampingan dengan pemakaman dibangun sepanjang 30 meter tapi tetap tidak bisa menahan derasnya arus sungai.

“Sekitar enam meter atau separuh sungai ini dulunya makam warga, beberapa kali arus sungai menyeret makam warga. Meskipun sudah dibangun pondasi dari batu tapi kalau hujan deras selalu jebol, ini sudah kesekian kalinya jebol. Terakhir hujan lebat kemarin, pondasi makam kembali jebol,” jelasnya.

Warga khawatir, jika pemerintah tidak segera memindahkan dam, arus sungai kembali mengancam area pemakaman warga. Pasalnya, saat hujan turun arus sungai yang deras merusak pondasi makan dan akan berakibat rusaknya pemakaman warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here