Agar Mudik Aman & Nyaman

0
110

PERJALANAN mudik memang melelahkan, namun pastinya akan terbayar saat melihat wajah kerabat dan keluarga di kampung halaman. Apalagi, saat di perjalanan pasti banyak tempat yang bisa Anda nikmati pemandangannya.
Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda mempersiapkan beberapa hal. Simak tipsnya berikut ini, seperti dikutip dari Indonesia.Travel:arus mudiklebaran 2013

Pastikan Anda meninggalkan rumah dengan aman
Aman, dalam artian mengunci rumah dan tidak menyimpan kuncinya di tempat tersembunyi di depan rumah. Apabila memungkinkan, titipkan kunci dan rumah kepada tetangga atau satpam dengan menyertakan nomor telepon Anda.

Cek kendaraan secara berkala
Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan bahwa kendaraan tersebut telah dicek berkala. Lakukan pengecekan sebelum berangkat, terutama pada rem, tekanan ban dan kondisi ban, accu, karburator, busi, serta lampu kendaraan.

Jangan lupa membawa perlengkapan bengkel sederhana, kartu identitas, serta peta jalur mudik. Pelajari rute perjalanan dan rute alternatif jika perlu.

Kembali bukan di puncak arus balik
Pastikan Anda memilih hari arus balik bukan pada puncaknya. Aturlah juga waktu saat tiba di rumah bukan tengah malam, tapi usahakan pagi atau siang hari. Jadwalkan juga hari kembali dari mudik bukan sehari sebelum masuk kerja, tetapi minimal dua hari sebelum masuk kerja kembali.

Jangan memancing dengan perhiasan

Hindari mengenakan perhiasan berlebihan yang menarik perhatian. Bawalah uang tunai secukupnya dan simpan terpecah di beberapa tempat. Tidak perlu membawa uang tunai berlebih karena ATM banyak dijumpai di daerah.

Bawa oleh-oleh secukupnya

Bawa oleh-oleh semampu Anda untuk rekan maupun kerabat. Tidak perlu terlalu banyak, menyiasatinya bisa dengan mengundang mereka menikmati oleh-oleh makanan dari kampung halaman Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here