Lebaran, Harga Smartphone & Tablet Stabil

0
184

Periode lebaran akan menjadi ladang emas bagi penjualan smartphone dan tablet.  Namun distributor perangkat komunikasi mobile, Erajaya Group, yakin bahwa momen lebaran tidak akan membuat harga smartphone dan tablet melambung tinggi.
Smartphone usageDiugkapkan Marketing & Communications Director Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, harga smartphone dan tablet masih berada dalam zona aman dan stabil, serta diprediksi akan berlanjut hingga momen lebaran. Tren ini diperkirakan tidak hanya berlaku di Erajaya.

“Selama Ramadhan ini, tidak ada kenaikan harga, justru ada yang turun. Kami memiliki banyak pertimbangan dan strategi dalam penentuan harga, tapi memang untuk smartphone dan tablet jarang sekali ada kenaikan harga,” tutur Djatmiko saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Erajaya, kata Djatmiko, memiliki strategi untuk mengantisipasi kenaikan harga. Salah satunya dengan menetapkan harga jual menggunakan rupiah, sehingga jika kurs dolar naik, tidak akan berdampak langsung. Namun jika kenaikan harga tidak bisa dihindari, pihaknya akan mencari solusi dengan vendor.

Lebih lanjut, menurutnya, dalam industri gadget ada tiga sesi pertumbuhan penjualan smartphone dan tablet yaitu liburan sekolah atau kelulusan, lebaran, serta Natal dan Tahun Baru. Dibandingkan bulan-bulan biasa, saat musim liburan atau kelulusan dan lebaran, penjualan bisa naik 15 hingga 20 persen, sedangkan Natal dan Tahun Baru naik 5 hingga 10 persen.

Untuk lebaran, biasanya lonjakan penjualan tidak terjadi di Jakarta, melainkan di luar daerah. Tradisi mudik pun menjadi faktor utama. “Penduduk Jakarta banyak yang mudik, nah saat mudik itu lahspending uangnya tinggi, sehingga penjualan juga meningkat,” ungkap Djatmiko.

Adapun Erajaya Group pada tahun lalu mengantongi 10,2 juta unit penjualan ponsel dan tablet. Tahun ini diprediksi akan naik menjadi 12 juta unit. “Secara total, industri smartphone dan tablet kemungkinan akan tumbuh 15 hingga 18 persen tahun ini,” pungkas Djatmiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here