Liburan, Puskesmas di Kota Mojokerto Tetap Buka

0
35

Mojokerto – Selama libur lebaran, pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto hingga tingkat kecamatan tetap buka. Walikota Mojokerto, Abdul Gani Soehartono meminta agar pelayanan medis termasuk Puskesmas harus tetap berjalan selama libur lebaran.
puskesmas mojokerto“Pelayanan mendasar seperti kesehatan saat lebaran harus mendapat prioritas, RSUD dan puskesmas harus tetap buka saat lebaran nanti. Baik dokter dan tenaga medis lannya harus disiapkan, semua untuk pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya, Senin (05/08/2013).

Masih kata Walikota, bahwa cutinya para pegawai dan dokter bisa disiasati dengan cara membuat shift. Yakni liburnya dilakukan secara bergantian agar masyarakat atau pasien tak kecewa. Walikota mencontohkan, jika ada orang sakit akan berobat lalu rumah sakit dan puskesmasnya tutup, sakitnya bisa makin parah.

“Sebaiknya puskesmas memang tetap harus buka, jika pasien tak tertangani bisa-bisa jiwa pasien bisa tidak tertolong karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pasien yang berobat selama lebaran relatif banyak. Terutama para korban kecelakaan yang butuh penanganan darurat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu menyatakan, selama ini libur lebaran rumah sakit dan Puskesmas rawat inap tetap buka. “Biasanya masih ada pasien yang tetap menjalani rawat inap sehingga tetap buka, kami punya dua Puskesmas rawat inap,” jelasnya.

Kedua Puskesmas itu adalah Puskesmas Blooto di Kecamatan Prajurit Kulon dan Puskesmas Kedundung di Kecamatan Magersari. Puskesmas Induk juga akan tetap buka saat libur lebaran, kecuali libur tanggal merah, yakni pada tanggal 8 dan 9 Agustus untuk 14 Puskesmas pembantu tutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here