Panwas Kota Mojokerto Temukan Banyak Pelanggaran

0
109

Mojokerto  – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mojokerto menemukan banyak pelanggaran dalam hari pertama kampanye terbuka Pilwali Kota Mojokerto. Yakni penggunaan mobil plat merah serta dilibatkannya anak-anak dalam kampanye.pilkada jatimKetua Panwas Kota Mojokerto, Elsa Fifajanti mengatakan, mobil plat merah terlihat digunakan oleh salah satu pasangan calon serta keterlibatan anak-anak dalam kampanye. “Tadi malam, kita mendapati kendaraan dinas plat merah yang digunakan mengusung pendukung calon ke lokasi debat kandidat di Surabaya,” ungkap, Selasa (13/08/2013) tadi sore.

Masih kata Elsa, hal tersebut jelas termasuk pelanggaran kampanye. Pasalnya, debat kandidat merupakan salah satu bentuk kampanye yang difasilitasi KPU sehingga dilaksanakan pada hari yang termasuk dalam masa kampanye sehingga tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas public seperti mobil dinas untuk mengusung calon maupun pendukung calon.

“Kita punya foto mobil dinas yang digunakan itu sebagai barang bukti dan langsung akan kita tindaklanjuti. Kita akan melaporkannya ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Badan Kehormatan (BK) dan pimpinan DPRD Kota Mojokerto. Pasalnya, yang menggunakan mobil plat merah tersebut adalah anggota dewan sehingga pihaknya melaporkan ke BK dan pimpinan DPRD.

“Banyak anak-anak yang dilibatkan saat pawai keliling kota yang dilakukan pasangan IEd, hari ini juga lihat. Dengan pawai keliling kota menggunakan mobil container dan diikuti rombongan sekitar 300 massa dari satu titik ke titik yang lain itu banyak melibatkan anak-anak,” jelasnya.

Masih kata Elsa, pihaknya langsung menegur pasangan nomor urut 4 dari jalur independent tersebut. Setelah ditegur lanjut Elsa, anak-anak yang ikut kampanye menjadi berkurang. Menurutnya, eksploitasi anak dalam kampanye sangat dilarang. Pada tahap awal, pihaknya hanya mengingatkan dengan teguran tapi jika setelah ditegur tetap diteruskan, maka akan direkom sanksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here