Dengarkan Tuntutan Buruh, Dewan Janjikan Sidak

0
128

Mojokerto –Puluhan buruh dari PT Bumi Nusa Makmur (PT BNM) langsung wadul Komisi D DPRD dan perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mojokerto di gedung DPRD Kabupaten Mojokerto. Dewan berjanji akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan untuk mencari solusi.
tuntutan buruhKoordinator aksi, Hari Tjahyono meminta agar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan DPRD Kabupaten Mojokerto bertindak tegas. “Kita minta baik Disnakertrans dan DPRD bisa mengupaya penyelesaian masalah yang terjadi di buruh lebih baik sehingga masalah yang terjadi cepat terselesaikan,” ungkapnya, Senin (26/08/2013) tadi siang.

Kepala Seksi Pengupahan dan Syarat Kerja, Disnakertrans Kabupaten Mojokerto, M Heru mengatakan, permasalahan yang terjadi harus dipilah terlebih dahulu. “Jika permasalahan normatif akan diberikan nota pemeriksaan namun jika terjadi perselisihan kepentingan maka akan diselesaikan dengan UU Nomor 2 Tahun 2004,” katanya.

Masih kata Heru, UU Nomor 2 Tahun 2004 tentang Perselisihan Hubungan Industrial seperti yang terjadi pada rolling waktu kerja dan status buruh. Nantinya, lanjut Heru, penyelesaian permasalahan ini akan dilakukan dengan mediasi.

“Dalam kasus ini, masuk dalam dua-duanya dan secepatanya kita akan selesaikan sejak pengaduan dari buruh disampaikan ke kita. Perselisihan ini akam diberika deadline 30 hari namun jika belum ada titik temu, kita akan sarankan mediator dengan kedua belah pihak dan lanjut ke PHI,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi D Bidang Kesra, DPRD Kabupaten Mojokerto, Agus Basuki mengatakan, pihaknya akan melakukan sidak dengan Kepala Disnakertrans untuk mengetahui langsung masalah yang terjadi. “Mungkin Jum’at atau Senin minggu depan tapi besok pengawasan akan turun lebih dulu,” urainya.

Jika turun langsung ke lapangan, lanjut Agus, pihaknya mengetahui dan bisa membuat keputusan yang tidak salah namun jika Bidang Pengawasan Disnakertrans Kabupaten Mojokerto sudah mendapatkan jawaban, maka sidak tidak perlu dilakukan. Terkait kontrak, Agus menegaskan, pihaknya akan membahasnya secara bersama-sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here