KPU Kota Mojokerto Tunda Serahkan Hasil Pilwali

0
31

Mojokerto. Hingga saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan yang dilayangkan pasangan Ayub Busono – Mulyadi (Abdi).
kpu mojokertoSehingga KPU Kota Mojokerto memilih menunda menyerahkan hasil Pilwali ke Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Komisioner KPU Kota Mojokerto, Yusuf Widayat mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi segala kemungkinan terkait langkah hukum yang ditempuh tim Abdi. “Itu hak setiap cawali untuk mengajukan gugatan ke MK, sehingga langkah kita yakni harus menunggu hasil sidang MK dulu,” ungkapnya, Selasa (17/09/2013) tadi pagi.

Masih kata Yusuf, pihaknya juga harus menunda tahapan yang seharusnya dilakukan yakni menunda menyerahkan hasil resmi Pilwali ke Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Seharusnya, hasil Pilwali Mojokerto lanjut Yusuf! sudah diserahkan ke gubernur paling lambat pada 9 September 2013 lalu.

“Atau tiga hari setelah hitung resmi, jika kurun waktu itu tak ada gugatan atas pelaksanaan Pilwali, hasil sudah diserahkan. Sesuai regulasi di KPU, jika ada gugatan maka penyerahan hasil Pilwali ke gubernur harus ditunda. Semua masih menunggu rekomendasi MK nanti seperti apa,” katanya.

Sebelumnya, pasangan Ayub Busono dan Mulyadi (Abdi) yang merupakan lawan pasangan incumbent resmi mengajukan gugatan atas hasil Pilwali Mojokerto yang digelar 29 Agustus 2013. Dalam hitungan resmi KPU setempat, Pilwali dimenangi pasangan incumbent Mas’ud Yunus-Suyitno (MY) dengan raihan total suara 48,17 persen.

Dalam hitung resmi hasil Pilwali di KPU, pasangan yang saat ini menjabat Wawali dan Sekdakot itu berhasil meraih total dukungan 35.089 suara. Sementara total suara sah sebanyak 72.842. Raihan ini disusul pasangan Ayub Busono-Mulyadi (Abdi) sebanyak 27.878 suara atau 38,27 persen. Namun pihak Abdi mempermasalahkan hasil Pilwali tersebut.

Informasi yang diterima, tim Abdi menangkap ada kecurangan dan ketidakberesan atas pelaksanaan Pilwali. Belum jelas isi gugatannya. Namun pihak Abdi enggan membeberkan kecurangan tersebut, yang jelas terkait hasil Pilwali. Gugatan ke MK atas hasil Pilwali itu masuk dalam registrasi nomor 113/PHPU.D-XI/2013

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here