Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Kabupaten Mojokerto Kerahkan 120 Warga

0
117

Mojokerto  – Sebanyak 120 warga sekitar dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto. Dengan anggaran Rp332 juta lebih, pihak KPU Kabupaten Mojokerto menargetkan pelipatan selesai dalam 10 hari.surat suara mojokertoAnggota KPU Kabupaten Mojokerto, Pokja Logistik, Rusman Arif mengatakan, tenaga pelipatan direktur dari warga sekitar yakni sebanyak 120 ribu. “Tenaga peliputan kita rekrut dari warga sekitar dengan sistem tim yang dikoordinator oleh satu staf KPU,” ungkapnya, Kamis (06/03/2014).

Masih kata Arif, ditarget dalam 10 hari, pelipatan yang juga penyortiran tersebut bisa selesai dan paling 12 hari. Pihaknya juga mensiapakan 30 tenaga cadangan atau waiting list untuk pengganti tenaga pelipatan surat suara. Untuk biaya pelipatan, KPU Kabupaten Mojokerto menerima anggaran dari APBN Rp332.635.200.

“Satu kertas suara Rp100 termasuk koordinatornya sehingga sampai di tenaga pelipatan sebesar Rp75 per surat suara. Dari pelipatan yang disertari penyortiran ini akan diketahui jumlah surat suara yang rusak, nantinya akan kita laporkan ke KPU propinsi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Wiji Suwartini mengatakan, surat suara merupakan dokumen negara sehingga harus diperlakukan secara hati-hati dan prosedur. “Kita siapkan anggota baik dari Polres Kabupaten maupun Polres Mojokerto Kota karena wilayah hukum masuk kita tapi masuk Kabupaten Mojokerto,” urainya.

Tenaga pelipatan, lanjut Kapolres, keluar masuk ruangan pelipatan akan dilakukan pengecekan oleh petugas. Pengecekan dilakukan untuk menghindari keluarnya surat suara dan masuknya barang atau senjata tajam (sajam) ke ruang pelipatan.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Mojokerto sebanyak 815.282 pemilih sehingga yang dikirim ke Kabupaten Mojokerto sebanyak 3.261.128 lembar yakni dengan hitungan DPT dikalikan empat jenis surat suara. Sementara untuk surat suara cadangan, KPU Kabupaten Mojokerto sebanyak dua persen atau sebesar 65.224 lembar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here