Masa Tenang, Alat Peraga Kampanye di Kota Mojokerto Masih Bertengger

0
127

Mojokerto  – Meski sudah memasuki masa tenang Pemilihan Legislatif (Pileg), namun alat peraga kampanye masih bisa ditemui di jalan-jalan protokol Kota Mojokerto. Terutama alat peraga kampanye dalam ukuran besar masih bertengger karena belum dibersihkan partai politik (parpol) peserta pemilu.
alat peraga kampanye mojokertoKetua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mojokerto, Elsa Fifajanti mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat ke parpol maupun dinas terkait sebelum masa kampanye. “Tanggal 4 April lalu kita sudah mengirim surat untuk membersihkan alat peraga kampanye,” ungkapnya, Senin (07/04/2017).

Elsa mengakui, pihaknya mempunyai kendala teknis terhadap alat peraga kampanye yang memiliki ukuran besar karena tidak ada alat. Namun pihaknya sudah menghubungi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Mojokerto untuk menghubungi pihak ke-3 yakni parpol yang memasang alat peraga kampanye tersebut.

“Kita targetkan hari ini, Kota Mojokerto bersih alat peraga kampanye, jika tidak kita akan laporkan sebagai pidana pemilu. Data sampai siang ini, 80 persen selesai sudah selesai hanya tinggal yang besar-besar. Sebenarnya kita bukan eksekutor, eksekutornya Satpol PP tapi kita tidak mau tinggal diam,” katanya.

Masih kata Elsa, semua alat peraga kampanye tidak boleh dipasang baik di rumah Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun rumah tim sukses, yang boleh hanya di kantor Parpol. Karena lanjut Elsa, hal tersebut termasuk pelanggaran diluar jadwal kampanye.

“Ada yang dipasang di rumah caleg lantai III, bendera salah satu parpol di sarana umum, kita sudah beritahu mereka dan mereka sanggup menurunkan hari ini. Jika tetap membandel maka kita laporkan sebagai pelanggaran pemilu pasal 276 UU nomor 8 tahun 2012 tentang Kampanye di Luar Jadwal,” tegasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here