Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Mojokerto Himbau Masyarakat Waspada

0
86

Mojokerto  – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Meterorplogi (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto dalam satu minggu kedepan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau masyarakat waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, curah hujan sudah mulai tinggi di wilayah Kabupaten Mojokerto. “Masyarakat dihimbau agar berwaspada khususnya warga yang berdomisili di dataran tinggi,” ungkapnya, Sabtu (26/1/2019).

Pasalnya, lanjut Zaini, di daerah dataran tinggi rawan ancaman bencana banjir dan longsor (bansor). Masyarakat harus mengenali tanda-tanda terjadinya bencana. Mulai dari hujan berdurasi 2 sampai 3 jam, warna air sumur dan sugai keruh. Jika terjadi tanda-tanda seperti itu dihimbau agar masyarakat segera berwaspada.

“Termasuk wilayah yang dilalui aliran sungai dari wilayah Pacet, Trawas Gondang dan Jatirejo. Masyarakat harus melakukan pemantauan sewaktu-waktu selain tanda-tanda hujan dengan intensitas tinggi dan lama,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here